Mural Mirip Jokowi di Pangkalpinang Dihapus, Polisi Ajak Warga Jaga Keindahan

Deni Wahyono - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 22:07 WIB
Mural mirip Jokowi di Pangkalpinang dihapus.
Foto: Mural mirip Jokowi di Pangkalpinang dihapus. (Deni Wahyono/detikcom)
Pangkalpinang -

Satpol PP Pangkalpinang, Bangka Belitung, menghapus mural mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berada di Jalan Yang Zubaidah, Kecamatan Bukit Intan. Satpol PP mengingatkan bahwa setiap warga memiliki kewajiban untuk menjaga keindahan kota.

"Kami tidak pernah melarang setiap orang untuk mengekspresikan bakat seni dan karya, tetapi tetap harus menjaga keindahan kota pangkalpinang," kata Kepala Satpol PP Pangkalpinang, Efran, kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Efran menyarankan agar warga yang mau menumpahkan ekspresinya melalui mural berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Warga bisa berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkot Pangkalpinang.

"Karena di Dinas Pemuda dan Olahraga juga ada fungsi pembinaan," sebut Efran.

Terpisah, Polres Pangkalpinang juga telah melakukan penyelidikan terkait mural mirip Jokowi dimaksud. Hasilnya, tidak ditemukan unsur pidana dalam murap tersebut.

"Dari hasil pengecekan, tidak ditemukan unsur pidananya. Maka kita serahkan kasus mural ini ke Satpol PP Pangkalpinang bersama komunitas muralnya, karena kita harus bersama menjaga keindahan Kota Pangkalpinang," ungkap Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra, saat berbincang dengan detikcom, di Mapolres Pangkalpinang, Kamis (16/9) malam.

Adi menekankan masalah mural mirip Jokowi ini sudah selesai. Dia juga mengajak masyarakat Pangkalpinang untuk menjaga situasi dan kondisi.

"Hal-hal yang kecil tidak perlu di besar-besarkan, apalagi masalah mural ini sudah selesai, karena pada prinsipnya tidak ada masalah dan bisa diselesaikan secara bijak bersama-sama," sebut Adi.

"Intinya kita mari kita bersama menjaga situasi yang aman, damai dan kondusif di kota pangkalpinang yang kita cintai ini," tambahnya.

Tonton juga Hobi Jadi Investasi, Bisnis Koleksi Action Figure

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)