detikcom Do Your Magic

Before-after Perbaikan Jembatan Gantung Mamasa: Dulu Bahaya, Kini Prima!

Abdy Febriady - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 20:25 WIB
Masalah jembatan gantung Mamasa yang dulu rusak kini tuntas. (Repro Tim Infografis detikcom)
Masalah jembatan gantung Mamasa yang dulu rusak kini tuntas. (Repro Tim Infografis detikcom)
Mamasa -

Akhirnya, jembatan gantung di Mamasa, Sulawesi Barat, ini selesai diperbaiki. Berikut ini perbandingan sebelum dan sesudah perbaikan jembatan ini.

Lokasi jembatan gantung yang sempat viral dan menuai keprihatinan publik nasional ini ada di Dusun Rantelelamung, Desa Pamoseang, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa. Jembatan ini sudah ada sejak 2013, namun luluh lantak diterjang banjir bandang pada Oktober 2020.

detikcom Do Your Magic mengunjungi lokasi ini pada 24 Juni 2021 saat jembatan gantung ini masih rusak. Perbaikan datang, dan detikcom menyaksikan hasilnya pada Rabu (15/9) kemarin.

13 Juli 2021, jembatan gantung ini mulai diperbaiki. Awalnya, biaya perbaikan jembatan gantung hendak diambilkan dari Dana Desa Pamoseang sebesar Rp 11 juta, namun urung dilakukan. Bupati Mamasa Ramlan Badawi menginstruksikan BPBD Kabupaten Mamasa mengambil alih perbaikan jembatan dan menggunakan anggaran Rp 30 juta dari dana tanggap darurat Pemkab Mamasa.

Kepala BPBD Mamasa Labora Tandipuang menjelaskan proses perbaikan jembatan gantung itu juga mendapat dukungan dari Haji Kalla Group. Oleh karena itu, sebagian dari dana sebesar Rp 30 juta, yang telah dialokasikan Pemerintah Kabupaten Mamasa untuk perbaikan jembatan tersebut, dialihkan ke tempat lain.

Berikut ini perbandingan before (sebelum) dan after (sesudah):