Pelat Nomor Ganjil Genap Seperti Apa? Wajib Tahu Jelang Akhir Pekan

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 19:19 WIB
Plat Nomor Ganjil Genap Seperti Apa? Wajib Tahu Jelang Akhir Pekan
Plat Nomor Ganjil-Genap Seperti Apa? Wajib Tahu Jelang Akhir Pekan (Whisnu Pradana/detikcom)
Jakarta -

Pelat nomor ganjil-genap seperti apa? Hal ini perlu diketahui menjelang akhir pekan karena mulai banyak kawasan yang menerapkan kebijakan ini saat PPKM.

Seperti diketahui, pemerintah memperluas ganjil-genap akhir pekan sejalan dengan pembukaan tempat wisata saat PPKM. Tujuannya adalah tetap mengontrol jumlah pengunjung kawasan wisata yang datang.

"Penerapan ganjil-genap akan diberlakukan pada daerah tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 sampai Minggu pukul 18.00. Tujuannya untuk kita mengurangi kendaraan yang datang ke sana jadi supaya jangan sampai yang terjadi di kasus Pangandaran di minggu yang lalu di mana kondisi pengunjung luar biasa banyak," ungkap Luhut dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Agar tidak salah, simak ulasan mengenai pelat nomor ganjil-genap seperti apa hingga penerapannya berikut ini.

Pelat Nomor Ganjil-Genap Seperti Apa?

Pertama-tama, kita perlu tahu dulu pelat nomor ganjil-genap seperti apa. Kebijakan ganjil-genap artinya hanya pelat nomor tertentu yang boleh melintas di kawasan ganjil-genap, disesuaikan dengan tanggal di hari itu.

Sebagai contoh, hari ini tanggal 16 September 2021. Maka kendaraan dengan nomor terakhir di pelat genap diizinkan melintas di beberapa ruas jalan.

Begitu pun sebaliknya. Saat memasuki tanggal ganjil, hanya kendaraan berpelat dengan nomor terakhir ganjil yang diizinkan melintas. Mereka yang menggunakan pelat genap bakal diputar balik dan ditindaklanjuti oleh petugas.

Ganjil-Genap di Jakarta Juga Akan Berlaku di Tempat Wisata

Selama ini, Jakarta sudah memberlakukan ganjil-genap setiap hari di 3 ruas jalan yaitu Jalan MH Thamrin, Jl Sudirman, dan Jalan Rasuna Said. Kini, Pemprov DKI juga akan memberlakukan ganjil genap di kawasan wisata.

Melalui keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1096 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level Tiga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta aturan ganjil-genap diberlakukan di sejumlah tempat wisata DKI Jakarta. Harapannya, aturan ini bisa dilakukan mulai Jumat pukul 12.00 WIB hingga Minggu 18.00 WIB.

Sejumlah Tempat Wisata Malang Wacanakan Ganjil-Genap

Pertanyaan soal plat ganjil-genap seperti apa sudah terjawab. Selanjutnya, mari simak info terbaru dari aturan ganjil-genap.

Terbaru, wacana ganjil-genap bakal diterapkan di tempat wisata Malang. Plat ganjil-genap direncanakan untuk menggantikan penyekatan, sehingga mobilitas masyarakat dapat dibatasi.

"Tentunya kita membutuhkan kajian soal itu (ganjil-genap). Dalam RTRW kita, ada moda transportasi massal, sebagai solusi Kota Malang sebagai kota besar dalam mengatasi kepadatan kendaraan," ujar Wali Kota Malang Sutiaji kepada detikcom, Rabu (15/9).

Setelah tahu soal pelat nomor ganjil-genap seperti apa, simak informasi lanjutannya di halaman berikutnya.