Teror Bom Molotov ke Rumah Pejabat Kemenkumham Riau Bukan Pertama Kali

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 17:19 WIB
Barang bukti pelemparan bom molotov ke rumah pejabat Kemenkum HAM Riau (Raja-detikcom)
Barang bukti pelemparan bom molotov ke rumah pejabat Kemenkumham Riau. (Raja/detikcom)
Pekanbaru -

Rumah dinas Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Riau Maulidi Hilal dilempari bom molotov. Aksi serupa juga pernah menimpa pejabat lain.

"Di rumah dinas saya baru pertama kali (teror). Tapi kawan-kawan banyak," kata Maulidi Hilal kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Hilal mengatakan teror pernah menimpa Kepala Keamanan Lapas Pekanbaru dan pejabat Kanwil Kemenkumham lainnya. Teror dilakukan memakai bom molotov dan tembakan di depan rumah dinas di Jalan Pemasyarakatan, Gobah.

"Ada rumah kepala keamanan dimolotov, mobilnya dilempar dan ada tembakan di rumah Kepala Keamanan Lapas Gobah. Ini terjadi beberapa tahun lalu," kata Maulidi.

Untuk motif, Hilal mengaku tak tahu persis. Hilal mengaku tidak punya masalah dan meminta maaf jika ada salah atas perbuatannya.

"Motif apa saya tidak tahu. Karena saya merasa tidak pernah punya musuh karena saya selalu cari kawan dan saudara. Kalau ada yang salah paham saya minta maaf," katanya.

Diketahui, pelemparan bom molotov terjadi di rumah Hilal pagi menjelang subuh pukul 04.40 WIB. Terdengar suara ledakan kecil di halaman rumah.

Hilal kemudian mengecek apa yang terjadi lewat jendela dengan membuka tirai. Dia meminta asisten rumah tangganya melihat sumber ledakan.

Setelah pintu dibuka, tercium aroma bau minyak tanah. Di halaman rumah juga ada pecahan kaca dan sumbu yang mengenai mobil dinasnya.

(ras/idh)