Brantas Abipraya Optimalisasi 4 Fasilitas Penanganan COVID-19

Khoirul Anam - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 15:09 WIB
Brantas Abipraya
Foto: Brantas Abipraya
Jakarta -

PT Brantas Abipraya (Persero) melakukan optimalisasi fasilitas penanganan COVID-19 di beberapa titik daerah, yaitu di RSUD dr. H. Abdoel Moeloek, Bandar Lampung, rehabilitasi area Wisma Werdhapura di Denpasar, dan Wisma Bima di Kabupaten Badung sebagai Ruang Isolasi Darurat COVID-19. Selain itu Brantas Abipraya juga turut membantu optimalisasi fasilitas di RSUD Gorontalo.

"Sebagai perusahaan konstruksi nasional, pastinya kami tidak hanya berdiam saja. Dengan membangun fasilitas-fasilitas isolasi ini Brantas Abipraya ikut berperan mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi COVID-19 di Tanah Air," kata Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9/2021).

Anas menambahkan, salah satu upaya Brantas Abipraya adalah penanganan Gedung Alamanda di RSUD dr. H. Abdoel Moeloek di Bandar Lampung. Dalam pengerjaannya, Brantas mengoptimalisasikan fasilitas ICU dan ruang isolasi yang merupakan sarana prasarana untuk penanganan pandemi COVID-19.

Adapun Anas menyebutkan bahwa seluruh pekerjaan telah dituntaskan pada Agustus, di antaranya pemasangan railing ram, kanopi akses masuk, koridor dan ruangan ICU, pekerjaan plafon, partisi kaca, instalasi nurse call, instalasi CCTV, dan air conditioning.

Sementara itu, untuk wilayah Bali, lanjut Anas, Brantas Abipraya turut berkontribusi lewat pekerjaan rehabilitasi di dua titik, yaitu area Wisma Werdhapura di Kota Denpasar sebagai ruang isolasi darurat COVID-19. Pada Wisma ini, Brantas Abipraya mempugarnya sehingga dapat tersedia 121 kamar dengan 191 bed.

"Sedangkan untuk di Kabupaten Badung, pekerjaan tanggap darurat ini merampungkan fasilitas isolasi darurat di Wisma Bima 1 dengan jumlah kamar sebanyak 34 buah dan 68 bed, untuk Wisma Bima 2 dilengkapi 89 kamar, 164 bed. Seluruhnya diselesaikan hanya dengan kurun waktu dua minggu, mulai dikerjakan pada 23 Juli 2021 dan rampung pada 4 Agustus 2021," kata dia.

Tidak hanya itu saja, keseriusan Brantas Abipraya dalam mendukung Pemerintah menangani wabah sudah terbukti di awal pandemi melanda. Hal ini dibuktikan dengan gigihnya perangi COVID-19, mempersiapkan pengalihfungsian Wisma Atlet Kemayoran menjadi Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 pertama di Indonesia sesuai arahan Presiden Joko Widodo saat itu.

"Kami sangat perihatin dengan kondisi pandemi ini, sehingga Brantas Abipraya berkomitmen untuk selalu ada bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang terdampak COVID-19. Selain pengerjaan optimalisasi fasilitas kesehatan, bantuan terus kami salurkan, berupa sembako, masker, APD (Atribut Pelindung Diri), menggelar vaksin gratis dan menambah perlindungan diri bagi Insan Abipraya dengan memberikan vaksin flu, phenomia dan vitamin C," tutup Anas.

Sebagai informasi, Brantas Abipraya baru saja memulai optimalisasi fasilitas penanganan COVID di RSUD Gorontalo. Pengerjaan mulai dilakukan pada 23 Agustus dan ditargetkan selesai pada 28 September 2021.

(akn/ega)