Santriwati di Aceh Bacakan Puisi soal Indonesia Jaya, Jokowi Beri Sepeda

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 13:47 WIB
Presiden Jokowi di Aceh
Santriwati di Aceh Bacakan Puisi di Depan Jokowi (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi di Pondok Pesantren/Dayah Istiqamatuddin Darul Mu'Arrif, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Jokowi memberikan sepeda kepada santriwati yang membacakan puisi tentang Indonesia.

Kunjungan Jokowi ke pondok pesantren di Aceh itu terekam dalam video yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/9/2021). Jokowi awalnya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pesantren yang mendukung para santrinya untuk divaksinasi.

"Saya sangat menghargai sekali mengapresiasi semua yang mendukung, semua pondok pesantren yang mendukung santrinya untuk divaksin. Karena kita ingin anak-anak kita para santri kita semuanya tidak terpapar oleh COVID-19. Kita ingin melindungi mereka semuanya memproteksi mereka semuanya agar tidak terkena COVID yaitu dengan vaksinasi," kata Jokowi.

Jokowi menyapa sejumlah pesantren dan santri di berbagai wilayah. Setelah itu di akhir acara, seorang santriwati bernama Ulfa membacakan puisi di depan Jokowi.

"...Setetes perjuanganmu wahai Bapak Negara, berkobar asmara. Panji-panji gerakan dari penjuru dunia, untuk Indonesia Jaya. Syukron kunjungannya. Terima kasih kedatangannya Wahai Bapak Negara di kota kami Aceh tercinta. Salam Indonesia," demikian penggalan puisi yang dibacakan Ulfa.

Jokowi pun menyampaikan terima kasih atas puisi yang dibacakan Ulfa. Jokowi menghadiahkan sepeda kepada Ulfa.

"Terima kasih tadi atas puisinya. Dan untuk itu saya kirim sepeda," ujar Jokowi.

Dialog Jokowi dengan Pimpinan Pesantren Santri

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyapa sejumlah pesantren di berbagai wilayah. Pondok Pesantren Al Rifa'ie 2 mendapat giliran yang pertama.

Salah seorang santri dari Maluku bernama Mustika menyampaikan terima kasih atas program vaksinasi ini. Dia mengungkapkan kerinduannya untuk pulang ke tanah Ambon.

"Insyaallah kalau ada liburan nanti, beta pengen pulang ke Ambon. Beta su kangen baku dapa Mama, Bapa dan ba saudara semua yang ada disana. Satu kata untuk Bapak Jokowi, tabea Bapak," ujar Mustika.

Sementara itu, pimpinan Pondok Pesantren Asy-Syuhada Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, menyampaikan terima kasih kepada Jokowi soal Perpres tentang Pendanaan Pondok Pesantren.

"Kemudian juga kami mengucapkan terima kasih kepada bapak presiden yang telah menandatangani peraturan presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang pendanaan pondok pesantren dengan itu kami sangat terbantu sehingga pemerintah dapat membantu dengan sebaik-baiknya. Dan juga kami mohon bantuan kepada bapak presiden untuk pembangun rusunawa di pondok pesantren kita ini sehingga pondok kita ini menjadi pondok yang baik sehat dan layak huni," ujar pimpinan Pondok Pesantren Asy-Syuhada.

Ucapan terima kasih juga disampaikan pimpinan Pondok Pesantren DDI Mattoanging, Kabupaten Bantaeng, Abdul Haris Nurdin. Dia mendoakan Jokowi kuat dalam memimpin bangsa Indonesia.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden atas terlaksananya vaksinasi massal untuk santri demi menggapai Indonesia sehat, Indonesia hebat. Di pondok pesantren ini Bapak Presiden, kami senantiasa mendoakan bapak agar supaya diberikan anugerah oleh Allah SWT kesehatan, kekuatan untuk memimpin bangsa ini terutama dalam menghadapi Covid-19," ucap Abdul Haris.

Lihat juga video 'Aksi Protes Peternak Blitar ke Jokowi Berujung Dipanggil ke Istana':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)