Round-Up

Tragis Nasib Nakes di Papua Jadi Korban Aksi Bengis KKB Teroris

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 05:32 WIB
Teroris KKB menyerang TNI-Polri hingga membakar fasilitas umum seperti SD hingga puskesmas di Kabupaten Pegunungan Bintang. Seorang mantri dilaporkan hilang. (Dok Polda Papua)
Foto: Teroris KKB menyerang TNI-Polri hingga membakar fasilitas umum seperti SD hingga puskesmas di Kabupaten Pegunungan Bintang. Seorang mantri dilaporkan hilang. (Dok Polda Papua)
Pegunungan Bintang -

Sejumlah fasilitas umum, termasuk puskesmas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, dibakar teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB). Aksi bengis teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) melukai sejumlah nakes di Papua.

Peristiwa itu didalangi KKB pimpinan Lamek Tablo. Insiden itu terjadi di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, pada Senin (13/9) pagi sekitar pukul 09.30 WIB.

Bangunan yang dibakar di antaranya puskesmas, kantor kas bank, hingga bangunan sekolah dasar. Selain itu, ada sejumlah rumah warga yang dibakar.

Setidaknya ada lima orang tenaga kesehatan yang terluka akibat aksi bengis KKB. Awalnya kelima tenaga kesehatan itu dilaporkan hilang. Namun akhirnya ditemukan dalam kondisi luka-luka.

"Seorang mantri kesehatan dilaporkan belum ditemukan sampai saat ini," ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Selasa (14/9/2021).

Dari lima tenaga kesehatan itu, empat orang merupakan perawat dan seorang dokter. Kamal menjelaskan, para korban yang terluka sudah dalam perawatan medis. Petugas gabungan TNI-Polri masih mencari satu nakes yang hilang.

Selang sehari kemudian, Dandrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan jumlah nakes yang bertugas di Puskesmas Kiwirok ada 11 orang, dimana 8 orang berhasil diamankan di Pos TNI Kiwirok saat insiden pembakaran terjadi.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'BNPT: Serangan Terorisme di PON Papua Suatu Keniscayaan':

[Gambas:Video 20detik]