Minta Polisi Humanis, Kapolri Soroti 3 Insiden Saat Kunker Jokowi

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 22:51 WIB
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan arahan kepada jajarannya agar menyikapi penyampaian aspirasi masyarakat secara humanis ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke daerah. Arahan itu disampaikan menyusul 3 insiden yang terjadi ketika Jokowi berkunjung ke daerah.

"Saya mau menyampaikan arahan Pak Kapolri berkaitan dengan adanya beberapa kejadian saat kunjungan Presiden RI ke berbagai wilayah," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dihubungi, Rabu (15/9/2021).

Argo menyampaikan beberapa insiden penyampaian aspirasi yang terjadi beberapa hari belakangan. Salah satunya ketika Presiden Jokowi mengunjungi Waduk Sekampung.

"Jadi ada beberapa kejadian seperti di Lampung saat Presiden melakukan kunjungan peresmian waduk Sekampung di Peringsewu pada 2 September 2021. Terdapat beberapa simpatisan eks ormas FPI atau alumni 212 di lampung yang akan memasang spanduk atau poster," ucap Argo.

Argo mengatakan insiden serupa terjadi pada 7 September 2021. Saat itu, menurut dia, Presiden Jokowi tengah berkunjung ke Blitar, lalu tiba-tiba ada masyarakat yang membentangkan poster.

"Kemudian yang kedua pada tanggal 7 September 2021 pada saat Presiden RI melaksanakan kunjungan di Kota Blitar ada seseorang yang tiba-tiba berdiri membentangkan poster persis ke arah Presiden sedang melintas," ujarnya.

Insiden ketiga, kata Argo, yakni yang paling baru terjadi, yakni ketika Presiden Jokowi mengunjungi Kota Solo lalu ada mahasiswa yang membentangkan poster.

"Kemudian pada 13 September terjadi saat Presiden RI melakukan kunjungan kerja di kompleks UNS dan terdapat 10 mahasiswa yang bawa spanduk dan poster," tuturnya.

Simak selengkapnya arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit ke jajarannya di halaman berikutnya.