Satgas COVID-19 Akan Bagikan 2 Juta Masker di Arena PON XX Papua

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 17:22 WIB
PON Papua
Foto: dok.internet
Jakarta -

Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, pemerintah telah menyiapkan segala upaya dan kebijakan terkait pelaksanaannya. Dalam hal ini, pemerintah juga menggandeng Satgas Penanganan COVID-19 untuk mendukung penerapan protokol kesehatan selama PON XX berlangsung.

"Dalam hal ini, BNPB sebagai Kapasitas Satgas Penanganan COVID-19 mendukung penyelenggaraan PON XX Papua. Kami akan mendukung kegiatan PON XX Papua lebih ke protokol kesehatan," ungkap Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi dalam acara Talkshow 'Persiapan Penerapan Prokes Covid-19 PON XX Papua, Bercermin Dari Olimpiade Tokyo', Rabu (15/9/2021).

Dalam hal ini, Dewi menyebut pihaknya akan membagikan sebanyak 2 juta masker di 4 wilayah pelaksanaan PON XX Papua. Adapun keempat wilayah tersebut meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

"Kita persediaan masker akan dorong sebanyak 2 juta masker nanti akan tersebar di 4 wilayah pelaksanaan pembagian masker tersebut. Nanti kita akan bekerja sama dengan 500 relawan yang akan bekerja secara tim," ungkapnya.

"Kami akan melibatkan Satgas Papua, relawan, dan duta perubahan perilaku. Di mana mereka akan bergerak dahulu, jadi tim kami akan ke daerah lebih dulu untuk berkoordinasi dengan pejabat dan ketua KONI di daerah," sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan nantinya pembagian masker akan dilakukan melalui gerai dan mobil masker. Adapun kegiatan pembagian masker ini akan dipantau melalui aplikasi InaRISK milik BNPB.

"Pada pembagian masker kita ada aplikasi Inaris untuk penyebaran masker sehingga dapat dimonitor. Kita akan membagikan masker melalui gerai dan kita akan ada mobil masker, baik yang akan kita gerakkan sebelum pelaksanaan, pada saat PON, dan sesudahnya," paparnya.

Di sisi lain, Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satgas COVID-19, Andre Rahadian menyampaikan kegiatan pembagian masker merupakan salah satu upaya menyadarkan masyarakat terkait protokol kesehatan. Bersama BNPB, pihaknya akan membagikan masker berupa kain sehingga masyarakat dapat mengenakannya secara berkelanjutan.

"Pembagian masker ini merupakan salah satu tools agar kita semua secara nasional, khususnya di Papua yang sedang mengadakan PON XX sadar akan kepentingan memakai masker," ungkapnya.

"Yang kita bagikan adalah masker kain. Satu orang akan dibagikan maksimal sampai 4 masker dengan asumsi bahwa ini akan dipakai seterusnya dan bisa diganti. Sehingga kemudian kondisi di mana seseorang tidak memiliki masker yang sesuai dengan standar akan semakin kecil," pungkasnya.

Simak juga video 'BNPT: Serangan Terorisme di PON Papua Suatu Keniscayaan':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)