Syarat Naik Busway PPKM Terkini, Jangan Sampai Salah

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 16:39 WIB
Syarat Naik Busway PPKM Terkini, Jangan Sampai Salah
Syarat Naik Busway PPKM Terkini, Jangan Sampai Salah --ilustrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Syarat naik busway PPKM kini menjadi informasi penting untuk diketahui. Terlebih, sejak pemerintah memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 di wilayah Jawa dan Bali yang berlaku hingga 20 September 2021.

Salah satu aturan yang dimaksud adalah syarat naik busway PPKM. Untuk mengetahui informasinya, simak penjelasan di bawah ini.

Syarat Naik Busway PPKM: Wajib Melampirkan Sertifikat Vaksin

Salah satu syarat naik busway PPKM terbaru adalah wajib melampirkan sertifikat vaksin. Hal ini mengacu pada SK Kadishub Nomor 353 Tahun 2021. Dalam SK itu disebutkan seluruh penumpang TransJakarta wajib menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19.

Syarat melampirkan sertifikat vaksin untuk naik busway menggantikan syarat sebelumnya, yaitu Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP). Sertifikat vaksin COVID-19 bisa diunggah melalui aplikasi Jaki atau PeduliLindungi. Opsi lainnya adalah penumpang boleh mencetak sertifikat vaksin dalam bentuk print out.

Sebelum naik busway, pihak TransJakarta akan dibantu oleh petugas Dishub DKI untuk memeriksa sertifikat vaksin. Penumpang hanya perlu menyiapkan sertifikat vaksin menjelang memasuki halte.

Syarat Naik Busway PPKM: Jam Operasional Busway Dibatasi

Syarat naik busway PPKM kini sudah terjawab. Hal lain yang perlu diketahui terkait jam operasional busway.

Melansir akun resmi Instagram @pt_transjakarta, selama PPKM level 3 DKI Jakarta, layanan TransJakarta ikut dibatasi. TransJakarta hanya beroperasi mulai pukul 05.00-21.30 WIB. Sementara layanan khusus bagi tenaga rumah sakit dan puskesmas beroperasi dari pukul 21.31-22.30 WIB.

Untuk rute mana saja yang dilayani oleh TransJakarta selama PPKM, calon penumpang dapat mengeceknya melalui aplikasi 'tije' yang tersedia di platform Google Playstore ataupun App Store.

Selanjutnya soal syarat naik busway PPKM terkini bisa dicek di halaman selanjutnya.