Sudah 2 Malam Banjir di Rangkasbitung Belum Surut

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 19:38 WIB
Banjir di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak, Banten
Banjir di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak, Banten, Selasa (14/9). (Foto: dok. Istimewa/Foto diberikan oleh narasumber bernama Hadi)
Jakarta -

Banjir menggenangi permukiman warga di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, akibat hujan deras. Banjir hingga saat ini belum surut.

Salah seorang warga, Hadi, mengatakan air mulai naik pada Senin (13/9) sore. Sekitar pukul 22.00 WIB, ketinggian air setinggi pinggang orang dewasa.

"Dari sore itu (air) udah masuk rumah. Jam 10-an (malam), banjirnya sepinggang ibu-ibu. Kalau ini di daerah Barangbang sedada, lebih parah," kata Hadi kepada wartawan, Selasa (14/9/2021).

Hadi, yang tinggal di Jalan Siliwangi BTN Palaton Permai, RW 20, Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten, mengatakan hingga malam ini air masih belum surut. Ketinggian banjir pun beragam.

"Masih belum (surut), masih sebetis di luar, kalau di dalam tergantung ketinggian rumah masing-masing. Malah masih ada yang selutut (di dalam rumah) di beberapa tempat," kata dia.

Hadi mengatakan tahun ini tempat tinggalnya telah mengalami banjir dua kali. Banjir pertama terjadi pada 9 Agustus lalu.

"Kalau banjir yang kayak gini baru 3 kali seumur hidupku di sini. Tapi di tahun ini udah 2 kali termasuk yang sekarang. Yang pertama waktu aku SD, 18 tahun yang lalu kayaknya," tutur dia.

Banjir di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak, BantenBanjir di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak, Banten, Selasa (14/9) siang (Foto: dok. Istimewa/Foto diberikan oleh narasumber bernama Hadi)

Hadi menyebut, kemarin siang, hujan turun dengan intensitas tinggi. Selain hujan deras, Hadi menyebut banjir dipicu luapan sungai.

"Kalau dilihat biasanya kalau hujan dari sore sampai pagi, banjir. Lebak itu terbelah sama dua Sungai Ciujung sama Ciberang jadi kalau sekalinya naik daerah di sekitar sungai pasti banjir," jelasnya.

Lebih lanjut, Hadi menyebut beberapa warga yang kebanjiran terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya. Ada pula yang bertahan di rumah.

"Beberapa ada yang ngungsi ke rumah saudaranya, banyak juga yang nggak. Kalau tahun 2002 dulu banyak yang ngungsi," katanya.

Hadi menyebut petugas BPBD setempat mengerahkan pompa untuk menyedot air. Namun hingga malam ini air masih belum surut.

"Dari badan penanggulangan bencana (dipompa). Satu (pompa air) tapi besar," jelasnya.

Banjir di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak, BantenBanjir di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (14/9) malam. (Foto: dok. Istimewa/Foto diberikan oleh narasumber bernama Hadi)

Tonton juga Video: Momen Warga Nekat Terobos Banjir Lahar Dingin Semeru

[Gambas:Video 20detik]




(lir/jbr)