Komisi III Bakal Tanya Kapolri soal Warga Ditangkap karena Poster ke Jokowi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 17:43 WIB
Ketua Ormas MKGR, Adies Kadir
Adies Kadir (Foto: MKGR)
Jakarta -

Sejumlah warga, antara lain petani dan mahasiswa, ditangkap pihak kepolisian saat membentangkan poster berisi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Komisi III DPR RI bakal menanyakan penangkapan warga membentang poster Jokowi ini kepada Polri.

"Itu kan kita harus tanya dulu kepada pihak kepolisian masalahnya apa kan tidak serta merta polisi kan langsung menangkap atau apa, jadi nanti akan kami tanyakan ke Pak Kapolri," kata Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir di Kompleks Parlemen, Selasa (14/9/2021).

Petani yang ditangkap membentangkan poster Jokowi kunjungan kerja wilayah Blitar. Sementara itu, sejumlah mahasiswa membentangkan poster ditangkap saat Jokowi berada di Solo.

"Kalau urusan-urusan ini kan pidana ya pidana umum kita harus tanyakan dulu pada yang menyidiknya gitu lah. Apakah ada hal-hal yang dilanggar atau tidak nanti kita akan Komisi III dalam rapat dengar pendapat kita akan tanyakan ke Pak Kapolri terkait hal ini, di Blitar tadi ya," ujarnya.

Publik ramai membahas sejumlah warga ditangkap di Blitar dan Solo saat Jokowi kunjungan kerja. Warga yang ditangkap itu antara lain seorang petani di Blitar dan beberapa mahasiswa di Solo.

Namun polisi tak menahan para warga itu. Polisi menjelaskan bahwa para warga itu kemudian dipulangkan ke rumah masing-masing.

(rfs/gbr)