Round-Up

Temuan Petasan Berbungkus Al-Qur'an Bikin Polisi Turun Tangan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 08:02 WIB
Jakarta -

Video sobekan petasan berbungkus Al-Qur'an membuat geger media sosial (medsos). Petasan berbungkus Al-Qur'an yang ditemukan di Ciledug, Tangerang, itu kini masuk dalam penyelidikan polisi.

Dalam video yang beredar di medsos disebutkan bahwa petasan itu diledakkan seusai acara pernikahan salah seorang warga di Parung Serab, Ciledug, Tangerang. Dalam video itu terlihat sejumlah warga tengah mengais sobekan petasan berbungkus Al-Qur'an yang sudah hancur.

Ketua RW setempat, Suharjo Cipto (47), lantas memberikan penjelasan terkait hal itu. Suharjo mengatakan acara pernikahan salah seorang warganya itu terjadi pada Sabtu (11/9), baru diketahui petasan itu terbuat dari lembaran Al-Qur'an setelah dinyalakan.

"Keluarlah kertas itu tulisan Al-Qur'an itu. Terus di situlah viral dikirim ke forum RT/RW. Dipungutin itu pas berhamburan sama remaja sama anak-anak kita," ucap Suharjo saat ditemui pada Minggu (12/9/2021).

Acara itu merupakan pernikahan anak dari seorang warga, Herman Permana. Herman yang membeli petasan itu di daerah Tangerang Selatan (Tangsel).

"Belinya di Kebun Manggis, Kelurahan Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Saya belinya sebelum Jumatan, dipasangnya Sabtu," ujar Herman di tempat yang sama.

Herman sendiri tak menyangka petasan itu terbuat dari Al-Qur'an. Sebab, petasan itu disebut Herman awalnya berbentuk seperti petasan biasa.

"Kaget saya, sebagai orang Islam kaget saya. Nggak (curiga), saya mah beli sudah 3 kali petasan juga nggak pernah begini," kata Herman.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: