Makam di Pinrang Ditemukan Terbongkar, Polisi Periksa Satgas-Tukang Gali

Hasrul Nawir - detikNews
Minggu, 12 Sep 2021 18:36 WIB
Sebuah makam di permakaman khusus COVID-19 di Kecamatan Paleteng, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, ditemukan terbongkar.
Foto: Sebuah makam di permakaman khusus COVID-19 di Kecamatan Paleteng, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, ditemukan terbongkar. (Hasrul/detikcom)
Pinrang -

Sebuah makam di pemakaman khusus COVID-19 di lingkungan Maccorawaie, Kecamatan Paleteamg, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan ditemukan terbongkar. Polisi pun melakukan penyelidikan.

Peristiwa pembongkaran makam itu diketahui Sabtu (11/9) malam dan membuat heboh warga. Kasat Reskrim Polres Pinrang, AKP Deki Marizaldi mengaku telah memeriksa sejumlah saksi atas raibnya jenazah di tempat pemakaman khusus jenasah COVID-19 tersebut.

"Sementara sudah ditangani, kita sudah meminta keterangan dari tim satgas COVID-19 termasuk tukang gali kuburnya," kata Deki kepada wartawan, Minggu (12/9/2021).

Sebelumnya, sebuah makam di permakaman khusus COVID-19 di Kecamatan Paleteng, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, ditemukan terbongkar. Pembongkaran diketahui semalam dan membuat heboh warga.

"Iya benar, ada pembongkaran salah satu makam COVID-19, sejak semalam sudah ramai diperbincangkan, cuma saya lagi di luar kota, baru mau cek langsung ke lokasi," kata Ketua tim pemulasaran jenazah COVID-19 Kabupaten Pinrang, Rusli saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (12/9/2021).

Rusli, yang juga Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pinrang, sudah mengetahui makam siapa yang dibongkar. Menurutnya, yang dibongkar merupakan makam orang tua salah seorang pengusaha di Pinrang. Pemkab Pinrang juga telah melaporkan kejadian ini ke polisi.

"Makam COVID-19 yang dibongkar pihak merupakan perempuan inisial JJ, ibu dari salah seorang pengusaha perhotelan di Kabupaten Pinrang," beber dia.

Rusli pun mengaku sudah menyerahkan kasus pembongkaran makam tersebut ke pihak kepolisian.

"Sudah dilaporkan ke pihak kepolisian untuk dilakukan penyelidikan," ungkap Rusli.

Dari informasi yang dihimpun detikcom, JJ dimakamkan di pekuburan pada awal Agustus 2021 lalu setelah meninggal dan terkonfirmasi positif COVID-19.

(mae/mae)