Isu Reshuffle Kabinet, Nama Ketua Harian Gerindra Muncul

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Sep 2021 14:45 WIB
Jakarta -

Relawan Jokowi Mania (JoMan) memunculkan isu reshuffle akhir September atau setidaknya awal Oktober ini. Nama Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, muncul ke permukaan.

Ketua JoMan, Immanuel Ebenezer, menyatakan dia mendapat informasi kuat adanya reshuffle kabinet yang disebutnya menyasar 4 pos kementerian. Isu reshuffle ini pun muncul kembali setelah PAN bergabung ke koalisi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nama Dasco sendiri muncul lantaran kerja politik senyapnya.

"Terlepas dari siapa pun yang diganti, nama Dasco ini kan masuk bursa menteri," kata pakar politik dari UIN, Adi Prayitno, kepada wartawan, Minggu (12/9/2021).

Adi menyebut Dasco punya posisi penting di Gerindra sebagai ketua harian maupun sebagai Wakil Ketua DPR RI. Dasco, kata dia, bisa disebut juga sebagai orang dekat Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat ini.

"Kalau bicara peta politik, jaringan, networking, back up politik, saya kira Dasco selesailah," ujar Adi.

Adi juga berbicara soal latar belakang politik Dasco yang disebutnya mengakar di akar rumput. Soal posisi Dasco, kata Adi, dia berbicara soal stabilitas politik.

"Kerja politiknya cukup terukur, bahkan menjadi salah satu aktor yang mempertemukan Jokowi dengan Prabowo waktu awal-awal pilpres, Prabowo sama BG. Itu satu peran penting," katanya.

"Tinggal bagaimana soal presiden memproyeksikan Dasco ini ke depan karena reshuffle ketiga ini ditengarai sebagai reshuffle yang terakhir," ujarnya.

Selain diembuskan JoMan, reshuffle ini diduga akan terjadi terkait masuknya PAN ke barisan koalisi pendukung pemerintah. PAN diyakini akan mendapat tempat.

Kian panas isu reshuffle ini setelah Muhammadiyah menyentil sejumlah menteri Jokowi. Sekum Muhammadiyah Abdul Mu'ti memandang sebagian menteri Kabinet Indonesia Maju elitis, tak cocok dengan Jokowi yang merakyat.

Benarkah akan ada reshuffle dalam waktu dekat?

(gbr/tor)