Ketua RT Ungkap Detik-detik Penangkapan Tersangka Teroris di Grogol Jakbar

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 13:04 WIB
Ilustrasi penggerebekan teroris (insert) (Luthfy Syahban/detikcom)
Ilustrasi penggerebekan teroris (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tersangka teroris di Grogol Petamburan, Jakarta Barat (Jakbar), berinisial SH. Polisi menyebut SH merupakan dewan syuro atau penasihat Jamaah Islamiyah (JI). Begini detik-detik penangkapannya.

Ketua RT setempat, Nurlaila, menceritakan detik-detik penangkapan SH di kediamannya. Nurlaila menyebut penangkapan itu dilakukan tadi pagi.

Sebelum melakukan penangkapan, petugas berkoordinasi dengan Nurlaila. Namun Nurlaila tidak mengetahui jika mereka berkoordinasi untuk melakukan penangkapan terhadap warganya.

"Awalnya saya tidak tahu. Saya cuma dihubungi, dia cuma pengin ke wilayah saya atas nama ini, ini, ini. Cuma kalau soal kenapanya, saya tanya dia nggak jawab, ya sudah itu saja," ujar Nurlaila kepada wartawan saat ditemui di rumahnya, Jumat (10/9/2021).

Nurlaila menyebut pada saat penangkapan tidak terlihat perlawanan dari pihak keluarga. Saat penangkapan pun, Nurlaila menyebut situasi sangat kondusif.

"Kayaknya nggak ada apa-apa, aman-aman saja. Nggak ada sama sekali perlawanan dari pihak keluarga," katanya.

Diketahui, Densus 88 menangkap tiga terduga teroris di dua wilayah yang berbeda. Mereka berasal dari jaringan JI.

"Jadi benar ada penangkapan terhadap tiga orang (terduga teroris)," kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dihubungi, Jumat (10/9).

Salah satu tersangka berinisial SH merupakan dewan syuro atau penasihat Jamaah Islamiyah. SH ditangkap di Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

"Statusnya tersangka. Dia dewan syuro, itu yang penasihat gitu loh. Ya penasihat JI (atau) dewan syuro," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dihubungi, Jumat (10/9).

Ramadhan mengatakan SH merupakan anggota kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI). Dia ditangkap di rumahnya di Grogol Petamburan, Jakbar, tadi pagi sekitar pukul 08.15 WIB.

"Tapi dia ada peran lain. Jadi begini, keterlibatan dia jelas anggota JI. Posisinya dia dewan syuro. Ditangkap jam 08.15 WIB di rumahnya," tuturnya.

Lihat juga video 'Densus 88: Cara Teroris Galang Dana Lewat Badan Amal':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)