SBY 2 Kali Terima Lifetime Achievement Award dari Demokrat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 12:09 WIB
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), merespons terpilihnya Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjadi Ketua Umum Partai Demokrat lewat agenda yang diklaim sebagai kongres luar biasa (KLB). SBY menuding Moeldoko telah melakukan kudeta bersama orang dalam partai. Hal itu disampaikan di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/3/2021).
SBY (Antara Foto/Asprilla Dwi Adha)
Jakarta -

Dalam acara HUT Demokrat ke-20, partai berlambang mirip logo Mercy itu memberikan penghargaan kepada 35 tokoh, termasuk Penghargaan Capaian Seumur Hidup (Lifetime Achievement) untuk Ketua Majelis Tinggi Partai SBY. Tercatat sudah dua kali SBY menerima penghargaan ini.

Dalam catatan pemberitaan detikcom seperti dirangkum Jumat (10/9/2021), SBY menerima penghargaan Lifetime Achievement Award pada Desember 2012. Penghargaan ini diberikan dalam agenda HUT Demokrat juga. Saat itu SBY menjabat Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.

Kini, dalam momen 2 dekade Partai Demokrat, SBY kembali menerima penghargaan tersebut. SBY menerima Penghargaan Capaian Seumur Hidup (Lifetime Achievement), sementara mendiang istrinya, Ani Yudhoyono, menerima anugerah Spirit of Demokrat.

"Penghargaan Capaian Seumur Hidup merupakan anugerah tertinggi yang diberikan Partai Demokrat ke tokoh partai," kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, saat menyampaikan pidatonya pada acara itu.

SBY merespons penghargaan tersebut. SBY berpesan Demokrat tetap kompak dan bersatu serta jangan pernah menyerah seperti sikap pejuang.

"20 tahun ke depan, nasihat orang tua, nasihat juga seorang pejuang Demokrat adalah raih atau dapatkan sukses-sukses yang lain. 20 tahun mendatang dan selamanya, saya yakin Partai Demokrat bisa mencetak dan meraih sukses-sukses atau kegemilangan baru di masa depan," kata SBY saat menyampaikan pidato penerimaan anugerah di hadapan para pengurus dan kader-kader partai yang mengikuti acara secara virtual.

Dalam kesempatan itu, SBY, yang mewakili mendiang istrinya, mengatakan Ani Yudhoyono merupakan sosok yang tepat untuk menerima anugerah Spirit of Demokrat.

Alasannya, Ani Yudhoyono telah terlibat sejak Partai Demokrat masih dalam bentuk gagasan sampai akhir hayatnya. Tidak hanya pernah bertugas sebagai pengurus partai, Ani Yudhoyono juga selalu memberi semangat kepada seluruh kader, kata SBY.

"Saya atas nama Ibu Ani mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum dan jajaran pengurus Partai yang memberi anugerah ini kepada almarhum," ujar SBY.

Lihat juga video 'Meski di Luar Pemerintahan, SBY Harap Demokrat Konsisten':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)