MKD DPR Pastikan Periksa Aduan soal Seleksi Calon Anggota BPK

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 08:29 WIB
Gedung DPR/MPR
Gedung DPR RI (Dok. detikcom)
Jakarta -

Koalisi Mahasiswa Indonesia (KMI) mengadukan Komisi XI DPR RI ke Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR terkait seleksi calon anggota BPK. MKD DPR memastikan akan memeriksa aduan dimaksud.

"Prinsipnya MKD menerima semua bentuk aduan dari masyarakat untuk selanjutnya diperiksa pemenuhan syarat formil, sebagaimana diatur Pasal 5 Peraturan DPR Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Beracara MKD," kata Wakil Ketua MKD DPR, Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (9/9/2021) malam.

KMI mengadukan Komisi XI DPR karena meloloskan dua nama yang dinilai tak memenuhi syarat pencalonan anggota BPK. Tahapannya, setelah pengaduan diterima, MKD akan memeriksa syarat administrasi terlebih dahulu.

"Kalau syarat formil administrasi sudah terpenuhi barulah kami akan memeriksa substansi aduan," ujar Habiburokhman.

Foto: Screenshot d'rooftalk Juru Bicara Partai Gerindra HabiburokhmanHabiburokhman (Screenshot d'rooftalk)

KMI sebelumnya mengadukan dugaan pelanggaran kode etik Komisi XI ke MKD DPR. Laporan itu terkait seleksi calon anggota BPK terhadap dua nama yang tidak memenuhi persyaratan.

"Ini adalah tindakan moral kami selaku mahasiswa. Memanfaatkan ruang yang tersedia untuk mengingatkan para politisi DPR bahwa apa yang mereka lakukan sungguh-sungguh melukai konstitusi negara. Ini menjadi preseden buruk sepanjang sejarah pemilihan anggota BPK," kata Koordinator KMI Abraham, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/9).

Lihat juga video 'Seleksi Calon Anggota BPK Tuai Polemik, DPR: Tergantung Uji Kelayakan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: