Ditinjau Airlangga, Golkar Target Bedah 70 Rumah Warga Sumut Tak Layak Huni

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 23:36 WIB
Ketum Partai Golkar resmikan program bedah rumah di Sumut
Ketum Partai Golkar resmikan program bedah rumah di Sumut (Foto: Datuk/detikcom)
Medan -

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, meninjau program bedah rumah sekaligus meresmikan program tersebut di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Airlangga menyebut program itu untuk membantu warga yang rumahnya tak layak huni.

Airlangga meresmikan rumah yang masuk dalam program bedah rumah Partai Golkar Sumut 2021 bersama Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah di Desa Regemuk, Pantai Labu, Deli Serdang, pada Kamis (9/9/2021). Hadir juga dalam kegiatan itu Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Airlangga mengatakan program bedah rumah ini sangat diapresiasi. Menurutnya, program bedah rumah sangat bermanfaat bagi masyarakat yang selama ini rumahnya tak layak huni.

"Ya tentunya bedah rumah ini program di Sumut dan ini diapresiasi karena sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama menjadikan rumah- rumah yang layak huni," kata Airlangga.

Dia menuturkan kalau di pemerintahan, program ini biasanya melalui Kementerian/Dinas PUPR. Namun, dia selaku pucuk pimpinan Partai Golkar juga mendorong agar anggota DPR dari fraksi Golkar juga melakukan hal yang sama.

Akan tetapi, saat ini DPD Partai Golkar Sumut telah melakukannya. Ini patut diapresiasi karena ini adalah bentuk swakelola tanpa menggunakan anggaran negara.

"Nah, di pemerintah kita ada program melalui PUPR dan itu anggota Fraksi Partai Golkar yang di Komisi V juga didorong untuk melakukan itu namun yang dilakukan DPD Golkar Provinsi Sumut ini perlu diapresiasi. Karena ini seluruhya adalah program swakelola, artinya inisiatif dan tidak menggunakan anggaran negara," ucapnya.

Airlangga menyebut masyarakat yang rumahnya dibedah sangat senang. Mereka terharu lantaran selama ini rumah tak layak huni menjadi layak dengan adanya program tersebut.

Sementara Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah, mengatakan sejauh ini ada 24 unit rumah yang telah dibangun melalui program bedah rumah. Rumah-rumah itu tersebar di sejumlah daerah di Sumut.

"Saat ini yang sudah selesai itu ada 24 rumah, di Deli Serdang 5 unit, Serdang Bedagai 4 unit, Batubara 8 unit, Tapanuli Tengah 4 unit dan di Sibolga 3 unit," ujar Musa Rajekshah.

Dia menjelaskan langkah ini dilakukan karena merasa perlu hadir di tengah masyarakat. Apalagi saat pandemi ini, ekonomi masyarakat terganggu.

"Jadi kegiatan kami memang saat ini dengan adanya kemampuan para pengurus, para kader untuk berkegiatan sosial," pungkas Ijeck sapaan akrabnya.

Dia menargetkan dalam tahun 2021, Golkar mampu membangun 70 unit rumah di Sumut. Termasuk, juga bakal mengusahakan adanya sertifikat rumah gratis bekerjasama dengan BPN.

"Insyallah target tahun ini mau 70 unit, tapi ini 24 telah terlaksana nyusul berapa daerah lagi. Sasarannya dalam waktu dekat Pulau Nias, Tanjungbalai dan Tapanuli Utara. Kita tidak bangun rumah saja, kami sudah kontak BPN (Badan Pertanahan Nasional), nanti kita sertifikatkan rumahnya. Karena BPN juga ada program sertifikat rumah gratis. Nanti ketua-ketua DPD di daerah saya minta untuk membantu mengurus itu," tegas Ijeck.

(fas/fas)