2 WN Iran Pemilik Pabrik Sabu di Tangerang 'Impor' Prekusor Gel dari LN

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 10:44 WIB
Rumah mewah di Karawaci, Tangerang dijadikan pabrik sabu oleh 2 WN Iran (dok.Polres Jakbar)
Rumah mewah di Tangerang dijadikan pabrik sabu oleh dua WN Iran (Foto: dok. Polres Jakbar)
Jakarta -

Polisi mengungkap pabrik sabu di perumahan elite di Jl Beringin Taman Cendana, Bencongan, Kelapa Dua, Tangerang. Dua WN Iran kaki tangan bandar pabrik ini mengimpor bahan baku dari luar negeri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sindikat ini menggunakan modus baru untuk mengelabui petugas bandara dalam pengiriman bahan baku sabu.

"Yang dikirim ke sini adalah bahan yang setengah jadi dalam bentuk gel untuk mengelabui, biasanya di manifesnya makanan," kata Kombes Yusri di Polres Metro Jakarta Barat, Jakarta, Kamis (9/9/2021)

Yusri mengatakan bahan baku yang dikirim jaringan ke Indonesia ini mendekati sempurna dan memiliki kualitas yang sangat baik.

"Itu mendekati sempurna. Nanti dibawa masuk ke Indonesia dimasak ulang, hasilnya narkotika jenis sabu-sabu kelas 1, kemudian diedarkan di sini dan ini bukan sekali," tuturnya.

Sekoper Sabu di Apartemen

Sebelumnya, polisi menangkap dua WN Iran, BF (31) dan FS (31), terkait pabrik sabu di perumahan elite di Kelapa Dua, Tangerang. Penangkapan keduanya dikembangkan hingga ditemukan sekoper sabu di sebuah apartemen di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kami mendapatkan informasi bahwa pelaku masih menyimpan barang terlarang narkoba tersebut di sebuah apartemen mewah di kawasan Cikini, Jakarta Pusat," ujar Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Danang Setiyo melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/9).

Dari hasil penggeledahan di apartemen ditemukan barang bukti sekoper sabu. Sabu itu dikemas dalam lima paket besar yang jumlahnya belum disampaikan oleh polisi.

"Kami amankan narkoba jenis sabu sebanyak lima paket besar di dalam koper yang disembunyikan dalam lemari pelaku," terangnya.

(mea/mea)