Round-Up

Cerita 2 ABG Pelaku Penodongan Ditangkap Saat Booking PSK

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 22:32 WIB
Polsek Tebet tangkap 5 ABG Pelaku Penodongan dan Perampasan (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)
Polsek Tebet Tangkap 5 ABG Pelaku Penodongan dan Perampasan (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)
Jakarta -

Komplotan perampasan dan penodongan di Tebet, Jakarta Selatan, ditangkap polisi. Ironisnya, aksi kejahatan ini dilakukan oleh lima pelaku yang berusia 16-18 tahun.

Komplotan ini diotaki pelaku yang masih berusia 16 tahun. Polisi menyebut para ABG ini sudah 4 kali beraksi di Jakarta.

"Empat orang tersangka masih di bawah umur rentang umurnya masih 16-17 tahun. Hanya 1 orang tersangka yang berusia 18 tahun," kata Kapolsek Tebet Kompol Alexander Yurikho dalam jumpa pers di Polsek Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (7/9/2021).

Dua pelaku di antaranya ditangkap saat sedang booking PSK di penginapan di Jakarta Pusat, Senin (6/9).

"Dua tersangka yang kami amankan di sebuah penginapan di daerah Jakarta Pusat. Di mana saat kami melakukan penggeledahan atau penggerebekan, ternyata mereka tidak sendiri," kata Alex.

Modus Tuduh Korban

Modus operandi para pelaku adalah menuduh korban sebagai pencuri HP. Mereka kemudian menodong korban, lalu merampas barang berharga milik korban.

"Modusnya menuduh korban telah mengambil handphone milik tersangka. Korban kemudian merasa takut ditambah lagi tersangka menodongkan sebilah pisau kepada korban," kata Alex.

Karena takut, korban lalu menyerahkan ponsel dan motor miliknya kepada para pelaku. Setelah itu, para pelaku melarikan diri.


Sudah 4 Kali Aksi

Alex mengatakan para pelaku sudah 4 kali melakukan aksinya di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Terakhir, mereka melakukan perampasan dan penodongan di Tebet pada Minggu (5/9).

"Ternyata mereka ini dengan peran masing-masing tadi, itu paling tidak sudah melakukannya sebanyak empat kali. Satu kali di daerah Jatinegara dan satu kali di Matraman, satu kali di daerah Kebayoran Lama dan aksi yang ke-4 di Tebet," jelasnya.


Baca selengkapnya di halaman selanjutnya