Anak Akidi Tio Kembali Jalani Tes Kejiwaan Terkait Kasus Prank Rp 2 T

M Syahbana - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 16:31 WIB
Dirreskrimum Polda Sumsel, Kombes Hisar Siallagan (M Syahbana-detikcom)
Dirreskrimum Polda Sumsel, Kombes Hisar Siallagan (M Syahbana/detikcom)
Palembang -

Kasus hibah bodong Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio belum juga menemui titik terang. Kabar terbaru, anak Akidi Tio, Heryanty, diobservasi di rumah sakit di Palembang.

"Dia kan sering kena gangguan kesehatan, jadi diperiksa saja kesehatannya," ucap Dirreskrimum Polda Sumsel, Kombes Hisar Siallagan, saat ditanyai soal perkembangan kasus dugaan prank Rp 2 triliun, Rabu (8/9/2021).

Dia mengatakan Heryanty diobservasi di rumah sakit. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan jasmani dan rohani yang bersangkutan.

"Sedang diobservasi di rumah sakit untuk mengetahui kondisi kesehatan jasmani dan rohaninya," ujar Hisar saat ditanya soal informasi Heryanty dirawat di rumah sakit jiwa.

Kondisi kejiwaan anak Akidi Tio, Heryanty, pernah diperiksa pada Jumat (6/8). Namun, hasilnya belum disampaikan.

Hisar mengatakan belum ada perkembangan terkait status hukum Heryanty. Dia menyebut polisi masih menyelidiki dugaan hibah bodong Rp 2 triliun dan laporan dugaan penipuan terhadap seorang dokter bernama Siti Mirza.

"Statusnya masih penyelidikan baik dalam kasus Rp 2 triliun maupun dalam kasus penipuan yang dilaporkan Siti Mirza," tuturnya.

Kasus Hibah Bodong Rp 2 T

Janji sumbangan sebesar Rp 2 T ini diterima oleh Irjen Eko Inda Heri, yang saat itu menjabat Kapolda Sumsel, dari keluarga Akidi Tio secara simbolis pada Senin (26/7/2021). Dana hibah itu ditujukan untuk penanganan COVID-19.

Pemberian dana hibah triliunan rupiah itu disaksikan Gubernur Sumsel Herman Deru dan Dandrem Garuda Dempo (Gapo) Brigjen TNI Jauhari Agus. Pemberinya merupakan keluarga pengusaha asal Aceh, almarhum Akidi Tio, yang diwakili oleh anaknya, Heryanty.

"Dana tersebut diberikan salah seorang keluarga yang saya kenal sewaktu masih tugas di Aceh. Dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak COVID-19," kata Irjen Eko Indra, Senin (26/7).

Lihat juga video 'Dokter Laporkan Anak Akidi Tio Terkait Utang Rp 2,5 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]