Kumpulan Quotes Munir tentang HAM hingga Kesederhanaan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 15:21 WIB
Kumpulan Quotes Munir Tentang HAM hingga Kesederhanaan
Kumpulan Quotes Munir tentang HAM hingga Kesederhanaan (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Quotes Munir semasa hidup bisa disimak lagi 17 tahun setelah aktivis HAM itu meninggal karena dibunuh. Banyak quotes Munir yang seputar HAM hingga nilai kesederhanaan hidup.

Quotes Munir ini dikutip dari buku 'Keberanian Bernama Munir: Mengenal Sisi-Sisi Personal Munir' yang ditulis oleh Meicky Shoreamanis Panggabean. Meicky juga menyertakan bagian bab yang memuat quotes Munir.

Berikut ini kumpulan quotes Munir seputar nilai kesederhanaan hingga HAM.

Quotes Munir tentang Kesederhanaan

Munir pernah bercerita soal didikan orang tuanya soal kesederhanaan hidup. Karena didikan itu tertanam sejak kecil, Munir takut mengagumi kemewahan.

"Nggak berani saya mengagumi kemewahan. Waduh, nggak berani. Ngomong, memegang, saya nggak berani," kata Munir.

Quotes Munir tentang HAM

Munir juga sudah tertarik pada isu HAM sejak dulu. Munir pernah mengatakan HAM baginya merupakan sikap hidup dari kecil.

"Saya mulai tertarik HAM (Hak Asasi Manusia) tahun '88-'89-an, waktu kuliah semester lima. HAM sebagai isu politik, ya. HAM sebagai instrumen yang diperjuangkan, yang diyakini. Kalau HAM sebagai sikap hidup, ya itu, sih, udah dari kecil. Aku udah nggak respect sama penindas dari kecil," bunyi salah satu quotes Munir.

Quotes Munir tentang Mempertahankan Kebenaran

Munir dikenal sebagai orang dengan integritas tinggi. Dia bahkan rela mempertahankan kebenaran yang ia yakini meskipun dikeroyok orang banyak.

"Aku kadang-kadang lebih milih nggak punya teman dalam satu keadaan, dikeroyok orang banyak untuk mempertahankan apa yang menurutku benar," ujar Munir seperti dikutip Meikcy.

Munir juga lebih menghargai orang yang memiliki nilai daripada orang pintar. Dia mengatakan ini saat bercerita soal pengalamannya dalam berteman.

"Saya tidak butuh 1.000 orang yang pinter, tapi nggak punya value untuk mengerjakan itu," ungkap Munir.

Quotes Munir tentang Ketenangan

Salah satu quotes Munir yang terkenal ialah soal ketenangannya dalam menghadapi sesuatu. Munir mengatakan selalu berupaya bersikap tenang meskipun takut. Semata-mata agar orang lain tidak ikut takut.

"Aku harus bersikap tenang walaupun takut, untuk membuat semua orang tidak takut," kata Munir.

(rdp/imk)