Ikan Toman Ditemukan Dekat Area Terowongan Klaten, Ini Serba-serbinya

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 12:30 WIB
Ikan Toman yang ditemukan warga di lokasi penemuan terowongan kuno, Klaten, Senin (6/9/2021).
Ikan toman yang ditemukan warga di Klaten (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Ikan toman yang ditemukan di dekat temuan area terowongan Klaten, Jawa Tengah, mengagetkan warga karena ukurannya yang besar. Ini fakta terbaru hingga serba-serbi soal ikan toman.

Ikan toman besar itu ditemukan warga Dusun Samber, Desa Sabrang Lor, Kecamatan Trucuk, Klaten, Jateng. Ikan toman itu ditemukan Aris dan 9 rekannya saat mencari ikan. Saat ditimbang, ternyata berat ikan toman itu mencapai 7 kg dengan panjang 80 cm. Sempat dikira mati, ikan toman itu ternyata masih hidup.

Bagi yang belum tahu, berikut ini serba-serbi soal ikan toman:

Apa Itu Ikan Toman?

Ikan toman memiliki nama ilmiah Channa micropeltes. Dikutip dari artikel di situs UNAIR, ikan toman merupakan salah satu jenis ikan perairan sungai, rawa, parit, dan danau.

Ikan toman ini biasa menjadi bahan makanan di negara-negara Asia tropis, misalnya Semenanjung Malaysia, Sungai Menam, Sungai Meikong, Pulau Sumatera, dan lain sebagainya. Selain itu, ikan toman banyak ditemukan di wilayah Kalimantan Barat.

Dikutip dari situs cabi.org, ikan toman adalah ikan yang dapat bertahan hidup di luar air dalam waktu yang lama. Spesies ini disebut bisa bermigrasi ke lingkungan perairan yang baru dan bertahan hidup di area kering.

Apa Saja Makanan Ikan Toman?

Ikan toman adalah ikan predator. Dikutip dari situs cabi.org, ikan toman bisa memangsa aneka jenis ikan lainnya serta hewan-hewan lain seperti serangga atau kodok yang ada di sekitarnya.

Berapa Harga Ikan Toman?

Dikutip dari artikel di situs UNAIR, ikan toman memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Di beberapa wilayah, ikan toman liar yang ditangkap dari sungai, danau, dan rawa-rawa kadang diasinkan sebelum dijual.

Tidak hanya itu, ikan toman hidup juga diperdagangkan. Ada pula kolektor yang mau membayar mahal untuk ikan toman.

Bagaimana Nasib Ikan Toman di Klaten?

Kembali soal penemuan ikan toman di Klaten, ikan bergigi mirip gergaji itu ternyata masih hidup meski sempat dikira sudah mati. Ikan toman itu berwarna hijau gelap dan garis emas.

Penemuan ikan toman ini sempat membuat geger wilayah sekitarnya. Ada yang menawar hingga Rp 5 juta bahkan Rp 17 juta. Tapi, Aris sebagai penemu tak mau melepasnya.

"Ingin tetap dipelihara karena langka sebesar ini. Siapa tahu mungkin membawa keberuntungan," kata Aris.

(imk/imk)