Bentuk Pendampingan Kementan untuk Kemajuan Pertanian Papua

Erika Dyah - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 21:31 WIB
Syahrul Yasin Limpo
Foto: Kementan
Jakarta -

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi NasDem, Sulaeman Hamzah mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mempercepat pembangunan sektor pertanian di Provinsi Papua. Menurutnya, pertanian di Papua saat ini sudah semakin maju, terutama setelah mendapat bantuan dan pendampingan intensif dari Kementan.

Adapun pendampingan intensif yang didapatkan, antara lain pembentukan dan pengukuhan petani milenial, serta bantuan berbagai alat mesin pertanian.

"Karena itu saya mendukung peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani di Provinsi Papua, khususnya di Merauke melalui pendampingan dan mekanisasi pertanian," ujar Sulaeman dalam keterangan tertulis, Senin (6/9/2021).

Ia menilai Provinsi Papua merupakan provinsi penyangga pangan nasional, sebab Papua memiliki kekuatan besar terhadap ketersediaan pangan berkelanjutan. Oleh karena itu, ia mengajak peran generasi muda untuk ikut turun langsung menggeluti bidang pertanian demi peningkatan kesejahteraan.

"Saya juga mengajak seluruh stakeholder di Papua dan Merauke (khususnya Dinas Pertanian Merauke) untuk bersinergi dalam mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan di tanah Papua," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua I Komite I DPD RI, Filep Wamafma yang merupakan senator dari pemilihan Papua Barat juga mengapresiasi upaya Kementan dalam melakukan pembangunan pertanian di ujung timur Indonesia, yakni Papua. Menurut Filep, upaya tersebut merupakan langkah tepat mengingat sektor pertanian di Papua memiliki potensi besar, terutama dalam mendukung peningkatan ekspor.

"Tentu saja kita mendukung dan mengapresiasi berbagai program petani milenial dari Kementan, terutama semua kegiatan pembangunan yang dilakukan di Papua," paparnya.

Sebagaimana diketahui, Menteri Pertanian Syahrul beberapa saat lalu berkunjung ke Provinsi Papua. Dalam kunjungan kerjanya, Syahrul memantau panen raya yang dilakukan petani di Kabupaten Merauke.

Tak hanya itu, Syahrul juga menyalurkan bantuan sebesar Rp19,43 miliar, serta mendorong lahan hutan sagu Sorong menjadi kawasan agrowisata. Ia juga mendorong peningkatan kualitas RMU hingga pencetakan ribuan petani milenial Papua di kesempatan ini.

"Hari ini saya datang untuk mengatakan bahwa Papua adalah daerah yang hebat. Kalau begitu ayo kita sama-sama bertani, karena Tuhan menciptakan tanah Papua ini luar biasa. Mataharinya bersinar, airnya mengalir, tanahnya subur dan peluang ekspornya terbuka lebar," pungkasnya.

(mul/mpr)