Kemenkes Pastikan Honor Relawan Wisma Atlet Pademangan Cair Pekan Depan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 05 Sep 2021 15:37 WIB
Tower 8 dan 9 Wisma Atlet Pademangan dialihfungsi jadi tempat isolasi pasien COVID-19. Area itu diperuntukan untuk pasien COVID-19 tanpa gejala-bergejala ringan
Wisma Atlet Pademangan. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI memastikan insentif relawan di Wisma Atlet Pademangan akan dicairkan pekan depan. Pembayaran akan dilakukan secara bertahap.

"Minggu depan (dibayarkan) ya. Ini ada prosedur pembayaran sesuai dengan aturan keuangan," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi saat dimintai konfirmasi, Minggu (5/9/2021).

Siti membantah jika honor ratusan relawan di Wisma Atlet Pademangan menunggak selama 7 bulan. Siti menjelaskan, pencairan dana insentif harus melalui proses administrasi keuangan.

"Jadi tidak ada keterlambatan selama 7 bulan. Semua tetap dibayarkan secara bertahap karena ada proses administrasi keuangan yang harus dilalui," jelas Siti.

"Dan minggu depan akan ada pembayaran kembali tahap berikutnya," sambungnya.

Sebelumnya, beredar kabar di media sosial menyebutkan bahwa insentif relawan di Rumah Sakit Darurat Corona (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, belum dibayarkan. Disebutkan ada sekitar 100 relawan yang belum menerima insentif.

Mereka terdiri atas tenaga kesehatan (nakes) dan non-nakes. Relawan tersebut belum menerima insentif selama 7 bulan.

Kabar tersebut salah satunya diposting di akun Instagram Media Perawat Indonesia, @mediaperawat. Postingan tersebut mendapat banyak respons dari warganet.

Warganet banyak yang prihatin atas informasi tersebut. Banyak dari mereka yang kemudian menandai akun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga akun Presiden Joko Widodo (Jokowi).

(idn/idn)