Viral Kerumunan Senam Warga di Puri Indah Jakbar, Ini Penelusuran Satpol PP

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 05 Sep 2021 13:04 WIB
Update Corona Hari Ini: Pecah Rekor Lagi-Persiapan Skenario Terburuk
Ilustrasi Corona (Getty Images/loops7)
Jakarta -

Kasatpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat angkat bicara terkait viral video ramainya warga yang melakukan senam di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat. Tamo menjelaskan video tersebut merupakan video lama yang diviralkan kembali.

"Informasi dari staf yang jaga sejak pagi tadi. Nggak ada kegiatan senam seperti video di atas," kata Tamo, saat dihubungi, Minggu (5/9/2021).

Ia mengungkapkan, pada pertengahan 2020, di awal pandemi COVID-19, video tersebut pernah viral. Tamo memperkirakan video tersebut kembali diviralkan lagi.

Sebab, menurutnya, anggota Satpol PP telah mengecek ke lokasi yang viral tersebut. Hasilnya, tidak ditemukan adanya aktivitas warga, karena video tersebut terjadi pada masa PSBB yang masih memberlakukan car-free day, sedangkan dalam pemberlakuan PPKM level 3 saat ini, lalu lintas digunakan seperti biasa, tidak ditutup untuk dilaksanakan car-free day.

"Iya, tapi itu videonya saya ingat, dulu saya ingat itu masih Pergub 33, tahun lalu. Sama (lokasinya) itu saya tahu itu saya inget betul dulu pernah ada viral. Pelaksananya ibu-ibu warga juga, dia pengurus yayasan jantung sehat," katanya.

"Kalau itu dulu ada kepanitiannya, kalau dulu itu saya ingat HBKB car-free day kan dulu dikosongin sekitar Puri, ada orang dulu masih bisa olahraga, dia bikin dah tuh, sekarang olahraga ada, tapi kan nggak ada car-free day, nggak ada HBKB, jadi nggak mungkin dia senam kan lalu lintas dipakai sama kendaraan gimana mau senam kalau lalu lintas dipakai, gitu," imbuhnya.

Tamo meminta masyarakat tidak memviralkan kembali video yang telah viral sebelumnya. Dia meminta masyarakat memberi semangat kepada petugas garda terdepan melawan COVID-19.

"Kasih semangat kita lah tenaga kesehatan, TNI/Polri dan Satpol PP yang berada di garda terdepan ya supaya jangan di viralkan sesuatu yang berulang-ulang, motifnya apa ini motifnya apa," katanya.

Diketahui, viral di media sosial ramainya warga yang melakukan senam dengan diiringi lantunan musik yang keras. Dalam video viral itu, warga yang didominasi ibu-ibu tersebut senam sambil berbaris menutup jalanan. Narasi di video itu menuliskan lokasi di Puri Indah Jakbar, dan Jakarta disebut sudah 'normal' lagi.

Simak juga 'Ada Kerumunan, Satgas COVID-19 Gowa Bubarkan Gelaran Taman Seni Budaya':

[Gambas:Video 20detik]

(yld/gbr)