Tekan Emisi Karbon 14,8%, Sasa Inti Raih Sertifikasi The Planet Mark

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 18:39 WIB
PT Sasa Inti
Foto: PT Sasa Inti
Jakarta -

PT Sasa Inti Kembali menerima penghargaan dari The Planet Mark untuk yang kedua kalinya. Penghargaan ini diberikan atas upaya mengurangi emisi karbon sebesar sebesar 14,8 persen sepanjang tahun 2020-2021.

"Kami percaya bahwa melindungi bumi merupakan sesuatu yang penting dan itu semua harus dimulai dari kita sendiri. Adanya penghargaan ini merupakan buah konsistensi yang memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat Indonesia maupun dunia untuk membantu mereka memahami pentingnya menjaga dan melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang. Karena generasi selanjutnya berhak tinggal di bumi yang jauh lebih bersih serta lebih baik dibandingkan sebelumnya," seperti dikutip dari rilis resmi PT Sasa Inti, Jumat (3/9/2021).

Sertifikasi Planet Mark memastikan komitmen perusahaan untuk perbaikan berkelanjutan dalam kinerja lingkungan, sosial, dan ekonomi, mengukur dan mengurangi jejak karbon kami setiap tahun, dan terlibat dengan karyawan kami dalam masalah lingkungan dan dengan proyek hutan hujan komunitas global (Cool Earth) untuk menghentikan deforestasi.

Sementara The Planet Mark merupakan lembaga yang mendampingi organisasi atau perseorangan untuk mendorong masyarakat tetap konsisten melakukan tindakan yang berdampak baik, positif, dan masif bagi lingkungan dan komunitas yang diberdayakan.

Diketahui hingga saat ini PT Sasa Inti telah berkontribusi dalam proyek The Eden Project dan Cool Earth. Perusahaan juga ikut memberdayakan kinerja keberlanjutan untuk bumi dan lingkungan. Bahkan, sejak tahun 2020, PT Sasa Inti telah bermitra dengan Planet First LLC, bagian dari The Planet Mark, sertifikasi keberlanjutan yang diberikan dalam kerja samanya dalam project Eden.

Sejalan dengan misi PT Sasa Inti dalam memajukan kesejahteraan karyawan dan masyarakat dengan terus berinovasi menghasilkan produk-produk unggulan berkualitas dan terfortifikasi seperti produk Sasa Santan yang mengandung Omega 3 dan 6 serta fiber, Sasa Tepung Bumbu yang mengandung vitamin dan mineral.

Menurut keterangan The Planet Mark, sejak tahun 2019 PT Sasa Inti telah membantu Cool Earth dalam mendukung 13 kerja sama yang berkaitan dengan hutan hujan, melindungi 86.000 hektare hutan hujan, serta mengurangi 13.750 juta ton karbon.

Setidaknya tercatat ada 1.133 karyawan perusahaan dari dua pabrik tersebut yang berkontribusi besar terhadap penghargaan ini, khususnya dalam penggunaan dan pemanfaatan listrik, gas alam, bahan bakar diesel dan bensin, tempat pembuangan akhir, tempat daur ulang, air, dan kertas yang lebih efisien dan berdampak lebih baik bagi lingkungan.

PT Sasa IntiFoto: PT Sasa Inti

Selain itu, diketahui PT Sasa Inti juga mendukung penuh Environmental, Social, dan Governance (Tata Kelola Perusahaan) atau ESG. PT Sasa Inti juga menjunjung tinggi kesempatan untuk memajukan kesejahteraan lingkungan hidup planet bumi.

Sebagai bisnis yang terhubung secara global, perubahan iklim tentunya mempengaruhi rantai pasokan dan penjualan di pasar internasional. Ke depannya, PT. Sasa Inti akan terus konsisten berpartisipasi dalam proses sertifikasi tahunan untuk membantu mendorong penerapan operasional bisnis yang efektif terhadap perubahan iklim, seperti Planet Mark.

(ega/ega)