Karangan Bunga Dukung Interpelasi Anies, Wagub: DKI Kota Demokratis

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 21:56 WIB
Kantor DPRD DKI Jakarta kebanjiran kiriman karangan bunga. Sebagian besar bertuliskan dukungan interpelasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal Formula E.
Krangan bunga dukungan soal interpelasi Anies (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Kantor DPRD DKI Jakarta dibanjiri oleh karangan bunga mendukung interpelasi ke Gubernur DKI Anies Baswedan terkait Formula E. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memandang sebagai sikap demokratis.

"Nggak apa-apa, biasa kan. Kita ibu kota provinsi yang demokratis. Semua punya kesempatan yang sama, ada yang setuju, juga ada yang menolak, ada yang mendukung dan ada yang tidak setuju. Itu biasa saja," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (2/9/2021).

Riza menilai setiap orang berhak mengutarakan berbagai pendapatnya mengenai interpelasi Formula E. Dia pun mempersilakan jika ada masyarakat yang mendukung ataupun menolak interpelasi.

Yang jelas, sebutnya, Pemprov DKI memastikan tak akan mencampuri urusan tersebut. Dia menyebut semua prosedur telah diatur.

"Yang penting semua sesuai aturan koridor hukum atau mekanisme yang ada. Kami hormati semua, pendapat, masukan, silakan, semua ada mekanisme aturan," ujarnya.

"Kami tidak ingin mengintervensi, apalagi mencampuri, semua sesuai ketentuan," sambung Riza.

Sebelumnya diberitakan, kantor DPRD DKI Jakarta kebanjiran kiriman karangan bunga. Sebagian besar bertuliskan dukungan interpelasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal Formula E.

Pantauan detikcom pukul 10.15 WIB, Kamis (2/8/2021), tampak belasan karangan bunga berjejer di depan pagar kantor DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Karangan itu berisi dukungan terhadap Fraksi PDIP dan PSI yang mengajukan hak interpelasi.

"FRAKSI PDIP DAN PSI TERIMA KASIH UNTUK MENGAWASI PEMAKAIAN UANG RAKYAT KALIAN BENER2 WKL RAKYAT," demikian tulisan di salah satu karangan bunga.

"TURUT BERDUKA CITA ATAS MATINYA SUARA RAKYAT OLEH PENOLAKAN INTERPELASI 7 PARPOL SEMOGA SEMAKIN DITINGGALKAN KONSTITUEN," demikian tertulis di karangan bunga lainnya.

Sejauh ini, 33 anggota DPRD DKI menggulirkan hak interpelasi terkait Formula E. Dilihat detikcom, anggota Dewan yang mendukung interpelasi terdiri atas 25 orang dari Fraksi PDIP dan 8 orang dari Fraksi PSI. Bahkan, kedua fraksi kompak menyetorkan surat interpelasi kepada pimpinan DPRD DKI pada Kamis (26/8).

Simak video 'Soal Interplasi ke Anies, Fraksi PDIP DKI: Kami Merasa Tak Dianggap':

[Gambas:Video 20detik]

(lir/lir)