Warga AS Ditemukan Tewas di Vila Gianyar, Punggung-Leher Memar

Sui Suadnyana - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 17:11 WIB
Pria asal Amerika Serikat, Matthew Charles (63) ditemukan tewas di dalam vila di Gianyar, Bali
Pria asal Amerika Serikat, Matthew Charles (63) ditemukan tewas di dalam vila di Gianyar, Bali. (Dok. Istimewa)
Gianyar -

Warga negara Amerika Serikat (AS), Matthew Charles (63), ditemukan tewas di sebuah vila, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Petugas menemukan lebam pada punggung dan memar di leher korban.

"Pupil pada kedua mata tampak melebar. Bukosa bibir kering dan pucat, tidak terdapat pengeluaran lendir pada bibir. Lidah nampak kaku dan pucat, ekstrimitas kuku tampak membiru. Tampak lebam membiru pada bagian punggung," kata Kapolsek Tegalalang AKP I Ketut Sudita dalam keterangan tertulis, Kamis (2/9/2021).

"Pada skrotum penis terdapat pengeluaran. Terdapat pengeluaran feses dan tinja pada anus, ekstrimitas kaki sudah nampak kaku, kuku kaki mulai membiru, terdapat memar pada leher bagian belakang," imbuhnya.

Sudita menuturkan, jasad warga AS itu ditemukan sekitar pukul 09.00 Wita, saat staf vila I Made Asa (42) membersihkan halaman dan menyapu sekitar vila. Ketika hendak membersihkan kamar korban, Asa melihat warga AS itu sudah dalam posisi duduk di dekat dapur.

Karena tidak berani menghampiri bule itu, Asa akhirnya melaporkan kepada istri pemilik vila Ni Luh Aryawati (42).

"Kepada Aryawati, Asa menyampaikan bahwa orang asing atas nama Metthew Charles yang menginap di vilanya dalam keadaan duduk di dekat dapur ruangan kamar korban dan melihat tidak bergerak," terang Sudita.

Sudita mengatakan Aryawati saat melaksanakan persembahyangan di sekitar vila sempat mendengar ada suara memasang gas. Setelah itu mendengar bunyi 'dug' bersumber dari kamar WN AS tersebut.

Berselang dua menit, dia tiba-tiba didatangi oleh stafnya dan menyampaikan bahwa orang asing atas nama Metthew Charles tidak bergerak.

"Karena takut, saksi menghubungi suaminya dan melaporkan peristiwa tersebut kepada perangkat desa. Mengingat situasi pandemi COVID-19, korban tidak berani masuk dan menghubungi pihak kepolisian Polsek Tegallalang," terang Sudita.

Masih kata Sudita, dia dan anggota Polsek Tegallalang mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) sekitar pukul 10.00 Wita. Pihaknya pun langsung melakukan olah TKP.

"Korban ditemukan meninggal dunia di ruang dapur vila dengan posisi duduk, menghadap barat laut. Korban menggunakan pakaian baju kaos lengan panjang warna biru, celana pendek warna cokelat. Pada dada dan leher sebelah kanan terdapat handuk warna putih," tutur Sugita.

Selain itu, polisi menemukan alat kesehatan dan obat-obatan. Jenazah warga AS kemudian dievakuasi oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sekitar pukul 15.00 Wita langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar.

(aud/aud)