Polri-Mahasiswa Sinergi Gelar Vaksinasi, Kapolri Harap Herd Immunity Terwujud

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 16:37 WIB
Kapolri memberikan bantuan kepada warga yang selesai menjalani vaksinasi
Kapolri memberikan bantuan kepada warga yang selesai menjalani vaksinasi. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal kolaborasi antara Polri dan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat, Rabu (1/9/2021). Dia berharap sinergi ini bisa terus berlanjut agar herd immunity segera tercapai.

Kapolri berharap sinergi Polri dengan BEM SI terus berlanjut dalam mengakselerasikan percepatan vaksinasi massal. Dengan begitu, target kekebalan komunal atau herd immunity serta dua juta dosis vaksin perhari akan segera terwujud.

"Tentunya ini perlu kerja keras, sinergitas dengan seluruh elemen sehingga progres ini bisa berjalan dengan baik," kata sigit dalam keterangan resminya, Rabu (1/9/2021).

Sigit mengapresiasi peran aktif BEM SI berkolaborasi dengan Polri dalam upaya percepatan vaksinasi, di antaranya dua kali di Kampus Stan dengan total 2.500 dosis vaksin.Dia berharap ini terus berlanjut dengan melibatkan simpul-simpul BEM universitas yang ada di Indonesia tergabung dalam BEM SI.

"Harapan kita tidak hanya berhenti sampai di sini, tapi ke depan ini akan terus berlanjut dengan melibatkan seluruh kampus-kampus BEM SI yang ada. Harapan kita, target pencapaian dua juta dosis vaksinasi dalam sehari betul-betul bisa kita wujudkan," ujar mantan Kabareskrim ini.

Dalam kesempatan ini, Sigit juga mengingatkan agar proses kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) diperhatikan betul dengan penerapan prokes ketat. Jangan sampai nantinya timbul lonjakan kasus.

"Salah satunya bagaimana masyarakat yang melakukan aktivitas, utamanya di bidang pendidikan harus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Dan yang paling penting agar kegiatannya betul-betul yakin bahwa kita dalam kondisi aman, memiliki imunitas yang lebih menghadapi COVID, mau tidak mau harus divaksin," ujarnya.

Sigit menekankan agar vaksinasi harus digencarkan dan didukung seluruh elemen masyarakat agar pandemi COVID-19 segera bisa diatasi. Apalagi ke depan, lanjut Sigit, vaksin menjadi syarat utama untuk seluruh aktivitas kegiatan masyarakat.

"Dalam kesempatan ini, saya sampaikan kembali ajakan untuk menjaga protokol kesehatan, ayo pakai masker, ayo segera vaksin," ujar mantan Kapolda Banten ini.

Dalam kegiatan vaksinasi massal bersama BEM SI di Universitas Esa Unggul ini, sebanyak 1.000 dosis vaksin Sinovac disediakan dengan target mahasiswa maupun masyarakat umum dengan bantuan 42 orang tenaga vaksinator. Selain menggelar vaksinasi, Polri menyerahkan paket sembako kepada mereka yang telah divaksinasi.

(hri/fjp)