Saran Muhammadiyah ke Jokowi: Pembangunan Ibu Kota Baru Jangan Tergesa-gesa

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 10:17 WIB
Sekjen PP Muhammadiyah, Abdul Muti di Kudus, Minggu (26/5/2019).
Abdul Mu'ti (Akrom Hazami/detikcom)
Jakarta -

Sekum Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, bersama para tokoh lain bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana. Dalam kesempatan itu, Mu'ti menyarankan Jokowi agar pembangunan Ibu Kota Negara baru tidak tergesa-gesa.

"Pembangunan Ibu Kota baru sebaiknya mempertimbangkan timing, tidak tergesa-gesa, sebaiknya setelah pandemi sudah relatif membaik," kata Mu'ti kepada wartawan, Selasa (31/8/2021).

Mu'ti juga berbicara mengenai pentingnya edukasi kepada masyarakat agar tetap waspada meskipun kasus COVID-19 mulai melandai. Dia juga membeberkan sejumlah kendala dalam pelaksanaan vaksinasi.

"Muhammadiyah mengapresiasi kebijakan pemerintah dalam penanganan COVID-19; perlunya edukasi kepada masyarakat agar tidak euforia karena walaupun kasus sudah menurun tetapi pandemi belum berakhir; masih adanya kendala teologis, politik, dan teknis pelaksanaan vaksinasi, khususnya ketersediaan vaksin dan tenaga vaksinator; peningkatan kerja sama dan partisipasi masyarakat," ujar Mu'ti.

Mu'ti menyampaikan Jokowi menjelaskan tiga poin penting dalam pertemuan tersebut, dari penanganan COVID-19 hingga aspek ekonomi.

"Pertama, penjelasan tentang kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19, terutama terkait dengan PPKM, vaksinasi, dan keadaan pandemi. Kedua, situasi ekonomi secara umum. Ketiga, rencana pembangunan ibu kota negara," ujar Mu'ti.

Pertemuan Jokowi dengan tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat itu digelar Senin (30/8). Dalam pertemuan itu, Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Tokoh agama yang hadir di antaranya Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Sekretaris Umum PP Muhammadyah Abdul Mu'ti, Ketua Umum PGI Pendeta Gomar Gultom, dan Ketua Presidium KWI Mgr Ignatius Suharyo.

Simak juga video 'Jokowi Berencana Serahkan Surpres RUU Ibu Kota Baru ke DPR':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)