Round-Up

Obsesi Pemkab PPU Bikin 'Monas' di Kawasan Ibu Kota Baru

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 05:31 WIB
Pemkab Penajam Paser Utara berencana membangun Tower Penajam yang tingginya melebihi Monas Jakarta. Pembangunan diperkirakan butuh biaya sekitar Rp 150 miliar. (dok Istimewa)
Pemkab Penajam Paser Utara berencana membangun Tower Penajam yang tingginya melebihi Monas Jakarta. Pembangunan diperkirakan butuh biaya sekitar Rp 150 miliar. (dok Istimewa)
Samarinda -

Penajam Paser Utara (PPU) ditunjuk menjadi ibu kota negara (IKN) baru. PPU pun ingin punya Monumen Nasional (Monas) sendiri.

Pemerintah Kabupaten PPU berencana membangun Tower Penajam yang tingginya melebihi Monas di Jakarta. Tower ini dibangun untuk menjadi ikon ibu kota baru.

"Ya semacam Monas, nantinya akan menjadi icon PPU sebagai ibu kota negara," jelas Wakil Bupati (Wabup) PPU, Hamdan, saat dihubungi Senin (30/8/2021).

Gagasan 'Monas' baru tersebut muncul setelah salah satu kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) itu ditunjuk menjadi lokasi ibu kota baru.

Tower Penajam yang bakal dibangun di kawasan stadion tersebut tingginya sekitar 150 meter. Sedangkan tinggi Tugu Monas di Jakarta sekitar 132 meter.

Tower Penajam diperkirakan membutuhkan biaya sekitar Rp 150 miliar. Hamdan mengatakan anggaran Rp 150 miliar untuk pembangunan Tower Penajam masih dibahas bersama DPRD.

Dia memastikan anggaran tersebut nantinya menggunakan APBD PPU.

"Rp 150 miliar ini kan masih estimasi dasar, saat ini konsultan perencana juga masih dalam proses lelang," katanya.

Pembuatan tower sendiri nantinya akan di tempatkan di kawasan Stadion Penajam tepatnya Kilometer 9 Nipah-Nipah Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Kaltim tersebut dibiayai dengan skema anggaran tahun jamak (multiyears).

"Ikon ini nanti ditempatkan di Stadion Penajam," ucapnya.

Lebih lanjut, Hamdan menambahkan, bentuk tower tersebut akan menggambarkan nilai religiositas. Rancangan Tower Penajam dipampang di akun Instagram Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud.

"Sepertinya lebih pada gambaran religius, gambar itu yang sepintas yang saya tangkap, Karena tower ini Bupati yang sering membahas," kata Hamdan.

Lihat juga video 'Jokowi Bertemu 7 Asosiasi Profesi Bahas Ibu Kota Baru, Ini Hasilnya':

[Gambas:Video 20detik]



Rencana pembangunan tower ini menjadi sorotan. Simak di halaman selanjutnya.