Kebut Vaksinasi, Pemprov Jabar Gandeng Tokopedia

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 08:00 WIB
Dalam rangka mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19, BP Jamsostek menggelar kegiatan vaksinasi kepada Serikat Pekerja/Serikat Buruh.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menggelar vaksinasi massal Gebyar Vaksinasi Jabar Juara. Program percepatan vaksinasi ini dilakukan dalam rangka menuju 37 juta warga Jabar tervaksin hingga Desember 2021.

Saat ini, kegiatan Gebyar Vaksinasi Jabar akan difokuskan di wilayah Kabupaten Cianjur. Kegiatan yang berlangsung pada 31 Agustus hingga 4 September 2021 ini digelar melalui kolaborasi antara Pemprov Jabar dan Pemkab Cianjur, serta didukung oleh Tokopedia.

"Semangat gotong royong adalah kunci untuk kita melewati pandemi ini bersama-sama. Tokopedia berkomitmen untuk terus mendukung dan membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan COVID-19 di Indonesia, salah satunya lewat percepatan program vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat," ungkap Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah PT Tokopedia, Astri Wahyuni dalam keterangan tertulis, Selasa (31/8/2021).

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan kegiatan Gebyar Vaksinasi Jabar ini dilaksanakan serentak di 2.326 titik di 27 kabupaten/kota dengan target 512.765 dosis vaksin disuntikkan kepada masyarakat.

Ia menjelaskan, dengan total jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa, pihaknya memasang target 500.000 vaksinasi per hari. Jumlah ini menurutnya lebih besar daripada provinsi lain yang masih 200.000 dosis per hari.

"Kalau betul bisa kita kejar hari ini kita pecah rekor. Saya meminta semua pihak bersama-sama menyukseskan program vaksinasi. Demi pembentukan kekebalan komunal, minimal Jabar harus memvaksin 37 juta orang. Untuk itu butuh 15 juta dosis vaksin per bulan," terangnya.

Selain itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan kegiatan vaksinasi yang juga difokuskan di Cianjur ini bertujuan untuk melakukan jemput bola ke masyarakat. Adapun langkahnya diambil dengan mengadakan vaksinasi di lokasi yang berdekatan dengan rumah tinggal masyarakat.

"Kehadiran sentra vaksinasi hasil kolaborasi antara Pemprov Jawa Barat, Pemkab Cianjur dan Tokopedia bisa membantu menyukseskan program vaksinasi bagi masyarakat di Kabupaten Cianjur sehingga distribusi vaksin dapat terjadi lebih cepat dan merata," pungkasnya.

Simak juga video 'Indonesia Terima 5 Juta Vaksin Jadi dan 9,2 Juta Bulk Vaksin Sinovac':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)