Brantas Abipraya Bersama 4 BUMN Sediakan Air Bersih di Sukabumi

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 10:54 WIB
penyediaan air bersih di Desa Cidadap
Foto: Brantas Abipraya
Jakarta -

PT Brantas Abipraya (Persero) bersama Kementerian BUMN dan empat perusahaan BUMN lainnya membantu penyediaan air bersih di Desa Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Brantas Abipraya berkolaborasi dengan Indra Karya, Wijaya Karya, Pembangunan Perumahan (PP), dan Jamkrindo menyediakan instalasi pengolahan air untuk masyarakat desa.

"Program bantuan ini ditujukan dalam rangka memberikan solusi ketersediaan sarana dan prasarana air bersih di Desa Cidadap guna mendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk mengurangi daerah yang kekeringan nasional," jelas Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas dalam keterangan tertulis, Senin (30/8/2021).

Anas mengulas perubahan iklim mempengaruhi ketersediaan air sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat di Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Hal ini membuat penurunan kapasitas, kualitas dan kontinuitas air baku. Lokasi pemukiman yang tersebar di Cidadap pun membuat masyarakat kesulitan mendapatkan akses air bersih.

Dengan meluncurkan program air bersih 'Smart Water' bagi semua, Anas menyatakan lima BUMN hendak membantu masyarakat yang berada di lima dusun di Desa Cidadap. Teknologi Smart Water System ini diharapkan membuat masyarakat tak lagi merasakan susahnya mendapatkan air bersih.

Anas menyebut program ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi, karena masyarakat dilibatkan sebagai pengelola bantuan sarana dan prasarana air bersih yang terbentuk dalam kelompok usaha masyarakat desa (BUMDes). Sistem air pintar ini diharapkan bakal mendorong perilaku bersih hidup sehat (PHBS) sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan hidup masyarakat sekitar.

Anas menerangkan satu unit instalasi pengolahan air atau water treatment plant (WTP) yang ditempatkan di Desa Cidadap dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk 6.158 kepala keluarga yang tersebar di Desa Cidadap, dengan luas wilayah 1.473,165 hektare. Air bersih ini disalurkan melalui lima tempat distribusi.

"Sebagai wujud budaya AKHLAK BUMN, kolaborasi kami ini semoga dapat terus terangkai ke depannya sehingga dapat membantu banyak masyarakat dalam meraih TPB, tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, pendidikan berkualitas serta air bersih dan sanitasi layak," urai Anas.

(mul/mpr)