Melihat Megahnya Istana Siak di Riau Lewat Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 29 Agu 2021 21:43 WIB
Istana Asserayah Al Hasyimiah atau Istana Siak (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Foto: Istana Asserayah Al Hasyimiah atau Istana Siak (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Siak -

Jika berkunjung ke Siak, Riau, sudah pasti harus singgah di Istana Asserayah Al Hasyimiah. Istana yang biasa dikenal dengan Istana Siak itu merupakan bukti sejarah kebesaran kerajaan Melayu Islam.

Istana Siak berdiri megah di Kampung Dalam, Siak. Istana ini juga memiliki nama lain Istana Sri Indrapura dan Istana Matahari Timur.

Istana Siak merupakan peninggalan Kesultanan Siak. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1889, pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim.

Keindahan Istana Siak sudah bisa dilihat saat memasuki pintu gerbang istana. Belum lagi indahnya taman juga memanjakan mata saat menyusuri jalan menuju ke Istana.

Keindahan Istana yang mengadopsi gaya arsitek Eropa, India, Arab dan Melayu tradisional ini tak cukup di situ saja. Interior di dalamnya pun sangat memesona.

Istana Asserayah Al Hasyimiah atau Istana Siak (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)Istana Asserayah Al Hasyimiah atau Istana Siak (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)

Dinding-dinding istana tampak dihiasi keramik dari Eropa. Ruangan-ruangan di dalamnya pun diwarnai benda-benda peninggalan Kerajaan Siak. Foto-foto Sultan Siak, alat musik, hingga alat tempur turut dipajang.

Penasaran dengan keindahan Istana Siak? Yuk tonton videonya di Rumah Digital Indonesia.

Caranya, buka www.rumahdigitalindonesia.id, klik peta, lalu pilih Kemudian, klik peta dan Ruang Komunitas. Video 'Istana Asserayah Al Hasyimia (Istana Siak)' itu bisa kamu temukan di Cerita Indonesia.

Oh iya, selain 'Istana Asserayah Al Hasyimia (Istana Siak)', masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang akan hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja lho. Karena itu, segera kunjungi Rumah Digital Indonesia, yuk!

(mae/imk)