Kabaharkam Cek Vaksinasi Terapung 400 Warga Terisolir-Lokasi Isoter di NTB

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 20:50 WIB
Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto meninjau Vaksinasi Terapung yang digelar Polda NTB
Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto meninjau Vaksinasi Terapung yang digelar Polda NTB. (Foto: dok. Polda NTB)
Mataram -

Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto meninjau langsung Vaksinasi Terapung yang digelar Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam kegiatan ini sebanyak 400 warga menerima vaksinasi, baik dosis pertama maupun kedua.

"Hari ini saya bersama Kapolda NTB Irjen Iqbal melaksanakan vaksinasi di pulau terpencil dan sekaligus melaksanakan vaksinasi menggunakan kapal untuk menjangkau warga masyarakat di daerah yang tidak bisa menjangkau vaksinasi di daratan," kata Arief dalam keterangan tertulis Bidang Humas Polda NTB, Jumat (27/8/2021).

Arief berharap, dengan kegiatan ini, masyarakat di pulau-pulau yang terisolasi bisa mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 juga. Arief juga menyebut kegiatan Vaksinasi Terapung Polda NTB di-backup oleh Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Korpolairud Baharkam Polri.

"Ini adalah satu langkah inovasi dari Kapolda untuk memberikan pelayanan di wilayah NTB, sehingga harapan kami seluruh masyarakat di mana pun mereka tinggal akan bisa dijangkau dengan pelayanan kepolisian, pelaksanaan vaksinasi," tutur Arief.

Berdasarkan data Polda NTB, tercatat 400 warga yang mengikuti Vaksinasi Terapung terdiri atas 150 nelayan, 200 warga usia dewasa di wilayah terpencil, dan 50 anak berusia 12 tahun ke atas.

Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto meninjau Vaksinasi Terapung yang digelar Polda NTBKabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto meninjau Vaksinasi Terapung yang digelar Polda NTB. (Foto: dok. Polda NTB)

Kegiatan Vaksinasi Terapung Polda NTB ini disaksikan Arief dari Kapal Polisi (KP) Kakatua-5012. Arief selanjutnya menerangkan tujuannya melakukan kunjungan kerja ke NTB.

"Oleh karena itu, saya bersama tim Baharkam Polri, atas perintah Kapolri, melaksanakan asistensi dan peninjauan terhadap kesiapan Polda NTB dalam rangka pengamanan, terutama destinasi wisata terprioritas Mandalika," jelas Arief.

Arief juga menjelaskan dirinya mengecek kinerja Polda NTB dalam rangka persiapan ajang balap motor tingkat internasional, MotoGP, yang akan dilaksanakan November mendatang. Arief menyampaikan Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal telah melaporkan perkembangan terkini menjelang ajang MotoGP.

"Untuk itu akan kami bantu dengan kapal karena (NTB) ini berada di daerah lautan sehingga kami akan perbantukan kapal dan pesawat helikopter untuk mendukung kegiatan pengamanan di Mandalika," terang Arief.

Arief juga membahas perihal rencana pengajuan pembangunan Markas Komando Direktorat Polisi Air (Mako Ditpolair) Polda NTB. Arief telah mengecek Mako Ditpolair Polda NTB, yang dinilainya belum maksimal dalam mendukung kerja personel Polair Polda NTB.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.