Round-Up

Bantahan dari Mana-mana soal Isu Dilelangnya Pulau Tambelan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 20:33 WIB
Pulau Tambelan (Antara)
Pulau Tambelan (Foto: dok. Antara)
Jakarta -

Beredar kabar di media sosial bahwa Pulau Tambelan, yang terletak di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), dilelang sekitar Rp 1,4 triliun. Namun ternyata isu itu dibantah polisi hingga Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Pulau Tambelan adalah pulau terluar di Kepulauan Riau. Lokasinya ada di perbatasan dengan Kalimantan Barat. Meskipun di perbatasan, di pulau tersebut ternyata ditinggali oleh 4.000 jiwa. Bahkan di lokasi mulai dibangun bandara.

Gubernur Kepri: Pulau Tambelan Tak Mungkin Dilelang

Ansar Ahmad angkat bicara terkait kabar Pulau Tambelan dilelang di akun media sosial. Ansar menegaskan pulau tersebut tidak akan bisa dilelang siapa pun.

"Karena menurut hemat kami, Pulau Tambelan itu nggak akan mungkin bisa dilelang oleh siapa pun karena hak kepemilikannya di sana juga dimiliki oleh banyak pihak," ucap Ansar dalam sebuah video yang dibagikan kepada wartawan, Kamis (26/8/2021).

Dia mengatakan di Pulau Tambelan juga banyak aset pemerintah, di antaranya bandara, aset pendidikan, hingga aset fasilitas kesehatan.

Ansar memang belum mengetahui siapa yang melelang Pulau Tambelan di media sosial. Pihaknya akan menelusuri lebih jauh.

"Saya kira mungkin itu hanya iseng atau apa, akan tetapi memang perlu ditelusuri agar berita-berita seperti ini tidak bermunculan lagi. Nah, itu kan selalu memancing kehebohan di tengah-tengah masyarakat," katanya.

"Kami pemda akan coba telusuri juga melalui Camat Tambelan melalui aparat kita di Tambelan supaya kita mendapat informasi lebih lengkap," tambahnya.

Simak video 'Respons Gubernur Kepri soal Isu Pulau Tambelan Dilelang':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: