Peringati HUT Ke-53, BPJS Kesehatan Gelar Kegiatan Donor Darah

Erika Dyah - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 21:43 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

BPJS Kesehatan menggelar kegiatan Aksi Donor Darah bersama Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan yang dilangsungkan dalam rangka peringatan HUT ke-53 BPJS Kesehatan ini bertujuan untuk membantu menambah ketersediaan jumlah kantong darah di PMI.

"Donor darah ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Duta BPJS Kesehatan terhadap seluruh masyarakat yang saat ini membutuhkan bantuan darah. Melalui momen HUT BPJS Kesehatan ini, juga diharapkan dapat meningkatkan semangat Duta BPJS Kesehatan untuk saling membantu terhadap sesama dan gotong royong untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat," ungkap Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti dalam keterangan tertulis, Kamis (26/8/2021).

Ghufron menjelaskan sebelum melakukan donor darah, Duta BPJS Kesehatan wajib melakukan screening terlebih dahulu untuk mengetahui apakah calon telah memenuhi persyaratan secara umum.

Ia memaparkan pelaksanaan donor darah tidak dapat dilakukan oleh Duta BPJS Kesehatan yang memiliki riwayat penyakit khusus. Adapun beberapa penyakit yang dimaksud antara lain penyakit paru-paru dan jantung, kanker, tekanan darah tinggi, kencing manis, menderita atau pernah menderita Hepatitis B atau C serta kondisi lain yang tidak disarankan oleh dokter karena alasan kesehatan.

Melalui kegiatan ini, Ghufron berharap darah yang didonorkan oleh Duta BPJS Kesehatan dapat membantu memenuhi kebutuhan kantong darah PMI DKI Jakarta. Adapun darah ini nantinya bisa didistribusikan ke rumah sakit yang berada di wilayah DKI Jakarta.

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas dukungan yang diberikan PMI DKI Jakarta atas kegiatan yang dilaksanakan hari ini. Sinergi ini diharapkan dapat terus berjalan sehingga bisa bersama-sama, bukan hanya melalui Program JKN-KIS, namun juga membantu melalui berbagai hal demi tercapainya kesehatan masyarakat Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Pengawas, Pemeriksa dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Mundiharno turut mendonorkan darahnya dalam kesempatan ini. Ia berharap Duta BPJS Kesehatan dapat menjadi suri tauladan di masyarakat dan mendorong aksi-aksi kemanusiaan serupa.

Mundiharno pun mengungkap kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Duta BPJS Kesehatan ini juga dilaksanakan di beberapa kantor cabang BPJS Kesehatan.

"Selain sebagai bentuk dorongan kepada masyarakat untuk melakukan aksi kemanusiaan, kegiatan donor darah ini juga memiliki manfaat bagi mereka yang mendonor, seperti menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kolesterol, kanker, membakar kalori, membuat pikiran jadi lebih stabil dan meningkatkan produksi sel darah merah," terang Mundiharno.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat melakukan aksi donor darah di wilayahnya masing-masing sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Selain itu, ia pun menekankan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan demi melindungi diri, keluarga, dan orang-orang sekitar.

(akn/ega)