Polisi Pastikan Pulau Tambelan di Kepri Tak Dijual!

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 16:18 WIB
Pekanbaru -

Pulau Tambelan yang terletak di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), disebut dilelang di akun medsos. Polisi memastikan pulau itu tidak dijual.

Kapolres Bintan, AKBP Tidar Wulung, memastikan Pulau Tambelan tidak dijual. Hal ini disampaikannya setelah berkoordinasi dengan kapolsek dan camat.

"Kami sudah koordinasi di lapangan tidak ada (penjualan). Polsek sudah koordinasi dengan camat. Tak ada informasi seperti itu (dijual), jangankan mau jual pulau, jual kambing juga ada syaratnya," tegas Tidar kepada detikcom, Kamis (26/8/2021).

Tak hanya klarifikasi dan konfirmasi pada polsek dan camat, polres juga koordinasi dengan Badan Pemeliharaan Pengelolaan Perbatasan dan Pertanahan. Termasuk koordinasi langsung dengan pemerintah daerah setempat.

"Ini harus kita cek ke pemerintah daerah dan kami coba kumpulkan bahan-bahan keterangan. Semua kita cek, kita dalami, termasuk akun-akunnya," kata Kapolres.

Pulau Tambelan Masuk Program Kerja Jokowi

Tidar mengatakan Pulau Tambelan adalah pulau terluar di Kepulauan Riau. Lokasinya ada di perbatasan dengan Kalimantan Barat.

"Pulau ini salah satu pulau terluar, dekatnya ke Kalbar. Tapi masuknya ke Bintan," terang Tidar.

Meskipun di perbatasan, di Pulau tersebut ternyata ada ditinggali 4 ribu jiwa. Bahkan, di lokasi mulai dibangun bandara.

"Penghuni kurang lebih 4.000 jiwa dan di sana dibangun salah satu bandara pulau terluar yang jadi program Pak Presiden," katanya.

(ras/jbr)