detikcom Do Your Magic

Tangsel-Depok Sama-sama Hadapi 'Tiang Makan Jalan', Depok Beres Duluan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 12:56 WIB
Jl WR Supratman Tangsel dan Jl Erha Depok. (Repro detikcom)
Jl WR Supratman Tangsel dan Jl Erha Depok. (Repro detikcom)
Jakarta -

Dua kota tetangga Jakarta ini sama-sama menghadapi masalah tiang kabel yang memakan badan jalan. Dua kota itu adalah Tangerang Selatan (Tangsel) dan Depok. Ternyata masalah di Depok lebih cepat dibereskan ketimbang di Tangsel.

Berikut adalah perbandingan masalah tiang makan badan jalan di Tangerang Selatan Provinsi Banten dan di Depok Provinsi Jawa Barat, berdasarkan berita yang dihimpun detikcom hingga Kamis (26/8/2021).

Kasus yang diperbandingkan adalah khusus untuk tiang-tiang yang makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel dengan tiang-tiang di badan jalan dekat Pintu Tol Brigif (Tol Desari) yakni Jl Erha, Cinere, Depok. Warga di tiap wilayah sama-sama berharap agar tiang-tiang itu dienyahkan dari badan jalan.

Mulai diberitakan

Masalah tiang makan badan jalan di Jl WR Supratman sebenarnya sudah ada sejak pelebaran jalan pada 2018 dan diberitakan detikcom Do Your Magic mulai 13 Agustus 2021.

Masalah tiang makan badan jalan di Jl Erha juga muncul seusai pelebaran jalan pada ruas selepas Exit Tol Brigif itu, detikcom Do Your Magic mulai memberitakan masalah ini pada 19 Agustus 2021.

Dengan kata lain, masalah tiang di Jl WR Supratman Tangsel lebih awal terangkat ke publik ketimbang masalah tiang di Jl Erha Depok.

Respons Pemkot

Sang empunya wilayah, baik Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) maupun Pemkot Depok, juga sama-sama berkoordinasi dengan pihak pemilik tiang-tiang yang makan badan jalan di wilayah masing-masing.

Tangsel

Sebenarnya, Pemkot Tangsel sudah memberikan batas waktu bagi para provider untuk memindah tiang sampai Januari 2021 lalu, namun tenggat waktu itu telah lewat. Pemkot Tangsel akhirnya kembali memanggil para provider pemilik tiang-tiang di Jl WR Supratman pada Jumat (20/8) pekan lalu.

Pemkot memberi waktu para provider untuk memindahkan tiang-tiang dari badan jalan sampai 20 September 2021. Bila lewat lagi tenggat waktu itu, Pemkot Tangsel akan membongkar tiang-tiang itu secara sepihak.

Tiang kabel makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. 13 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)Tiang kabel makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, 13 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)

"Jika sampai dengan tanggal 20 September 2021 yang telah disepakati belum ada progres pemindahan instalasi tiang utilitas, maka Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan akan membongkar secara sepihak," kata Kepala Bidang Bina Marga, Budi Rachmat Hidayat, tercantum dalam berita acara rapat dari Dinas PU Tangsel.

Depok

Untuk masalah tiang di tengah Jl Erha dekat Tol Brigif, Pemkot Depok sudah menyampaikan tanggapannya sejak 19 Agustus 2021. Pemkot langsung memastikan pemindahan tiang akan dilakukan, bahkan sudah diproses pada hari itu juga. Mereka berkoordinasi dengan PLN yang merupakan pemilik tiang dan pihak Tol Desari selaku pihak yang berkepentingan.

Tiang berada di tengah Jl Erha Depok, Jawa Barat. Tiang-tiang itu disebut membahayakan pengendara yang lewat.Tiang berada di tengah Jl Erha Depok, Jawa Barat. Tiang-tiang itu disebut membahayakan pengendara yang lewat. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

"Insyaallah mudah-mudahan ya. Di mana di akhir bulan ini sudah selesai dipindahkan tiang-tiangnya," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Dadan Rustandi, kepada detikcom, Kamis (19/8) pekan lalu.

Depok selesai, Tangsel belum

Jl WR Supratman, Tangsel

Pantauan terbaru detikcom, Kamis (26/8/2021) pagi, belum ada tiang-tiang yang dipindah dari badan Jl WR Supratman di Ciputat Timur.

Kondisi di ruas Jl WR Supratman, dari Kantor Camat Ciputat Timur sampai sekitar 1 km ke selatan, tampak tiang-tiang belum digeser dari posisinya semula. Lalu lintas terlihat ramai dan lancar pada kondisi menjelang siang.

Tiang-tiang makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 26 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)Tiang-tiang makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 26 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Jl Erha, Depok

Di Jl Erha dekat exit Tol Brigif (Tol Desari), aktivitas pemindahan tiang dari badan jalan sudah diawali sejak Jumat (20/8) pekan lalu. Saat itu, tiang belum langsung dicabut melainkan kabel-kabelnya dulu yang secara bertahap diturunkan.

Pihak pemilik jaringan utilitas, yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan tiang-tiang miliknya yang ada di badan jalan berjumlah 18 tiang. Tiang-tiang itu diganti dengan 29 tiang baru di sisi jalan.

Tiang-tiang listrik sudah dicabut dari Jl Erha dekat Tol Brigif Depok, 23 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)Tiang-tiang listrik sudah dicabut dari Jl Erha dekat Tol Brigif Depok, 23 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Senin (23/8) kemarin, tiang-tiang listrik di tengah Jl Erha sudah dicabut. Lubang-lubang sisa tiang juga ditambal dengan tanah. Warga merasa lebih aman dengan kondisi terbaru ini.

Sekadar perbandingan, Jl Erha di Depok ini punya panjang sekitar 300 meter. Adapun Jl WR Supratman di Tangsel punya panjang sekitar 4 km.

Lihat juga video 'Bak Kolam, Warga Lombok Mandi di Jalan Rusak':

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/dnu)