Mengenal Asal-usul Kain Tenun Pringgasela Lewat Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 19:51 WIB
Kain tenun Pringgasela (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Kain tenun Pringgasela (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Jakarta -

Kain tenun Pringgasela, keindahannya sudah diakui hingga mancanegara. Kain tenun yang berasal dari Desa Pringgasela, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), itu merupakan warisan leluhur.

Kain tenun Pringgasela sudah ada jauh sebelum Belanda menjajah Indonesia. Jejak sejarah kain tenun Pringgasela tercermin dari adanya kain yang berumur ratusan tahun serta penenun masih menggunakan alat tenun tradisional yang digerakkan dengan tangan, yakni gedongan.

Menurut penenun kain Pringgasela, sejarah kain tenun Pringgasela bermula dari tradisi orang tua di sana. Untuk memingit sang anak gadis, orang tua di Desa Pringgasela pun mengajarkan kerajinan tenun. Dengan menenun, diharapkan anak gadis mereka tak ke luar rumah.

Motif Memiliki Ciri Khas

Motif kain tenun Pringgasela memiliki ciri khas tersendiri. Pada umumnya, kain tenun Pringgasela memiliki motif bergaris memanjang.

Motif kain tenun Pringgasela merupakan warisan sejak awal kemunculan budaya tenun di Pringgasela. Bahkan motif kain tercipta dari proses bersemedi atau mengambil cerita dari kehidupan masyarakat pada zaman itu. Selain itu, beberapa motif diyakini memiliki khasiat untuk pengobatan.

Salah satu motif kain tenun Pringgasela adalah motif penganten mandi. Motif ini biasa digunakan untuk pengantin yang dimandikan selesai acara resepsi perkawinan.

Kemudian ada juga motif Langit-langit. Motif ini sudah jarang dibuat lagi karena prosesnya yang rumit. Motif ini sudah berusia ratusan tahun dan dipercaya untuk pengobatan. Motif ini juga selalu dikenakan untuk acara ritual kematian.

Butuh Waktu 2 Minggu

Kain tenun Pringgasela memiliki ukuran panjang yang beragam dengan lebar mencapai 4 meter. Untuk menghasilkan kain tenun itu, dibutuhkan waktu 2 minggu, tergantung ketekunan perajin.

Penasaran dengan asal-usul kain tenun Pringgasela? Yuk tonton videonya di Rumah Digital Indonesia.

Kunjungi segera www.rumahdigitalindonesia.id. Kemudian, klik peta dan Ruang Komunitas. Video 'Kain Tenun Pringgasela' bisa kamu temukan di Cerita Indonesia.

Oh iya, selain 'Kain Tenun Pringgasela', masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang akan hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja lho. Karena itu, segera kunjungi Rumah Digital Indonesia, yuk!

(mae/imk)