Gandeng Narasi-Kitabisa.com, BRI Salurkan Donasi Rp 350 Juta ke UMKM

Inkana Putri - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 19:22 WIB
bank bri
Foto: bank bri
Jakarta -

BRI bersama Narasi dan Kitabisa.com menggelar program pengumpulan donasi 'Bisa Borong UMKM'. Program ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan BRI untuk UMKM Indonesia sekaligus dalam rangka memperingati HUT RI ke-76.

Terkait pengumpulan donasi, BRI melakukan kampanye kepada para nasabahnya melalui melalui pembukaan rekening Tabungan BRI BritAma Digital Saving. Sejak Juni 2021, BRI telah mengumpulkan donasi sebesar Rp 350 juta.

"BRI telah berhasil membukukan donasi sebesar Rp 350 juta. Donasi tersebut disalurkan melalui Kitabisa.com kepada warga yang membutuhkan dengan membeli barang atau produk di 70 UMKM di Indonesia yang terdampak pandemi," ujar Direktur Konsumer BRI Handayani dalam keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Didampingi Executive Vice President Mass Funding BRI Wahyudi Darmawan, Handayani menyalurkan donasi secara virtual melalui acara 'Bicara Makna, Baik untuk Kita dan Sesama' hari ini. Ia menjelaskan pemberian bantuan donasi tersebut merupakan realisasi BRI untuk mendukung pemerintah, khususnya dalam menggerakkan roda perekonomian.

Dalam proses penggalangan dana, BRI dan Narasi mengajak masyarakat agar terlibat dalam program ini. Salah satunya dengan mempromosikan kampanye 'Warga Bantu Warga bersama Kitabisa.com' melalui channel Narasi TV. Sebab, kampanye ini memerlukan keterlibatan seluruh elemen masyarakat untuk membantu UMKM yang terdampak.

"DukunganBRI dalam gerakan Warga Bantu Warga program Bisa BorongUMKM adalah salah satu contoh nyata komitmenBRI terhadap duniaUMKM bisa dilakukan dengan strategis dengan menggandeng lembaga kompeten di bidangnya. Melalui program ini, bukan hanya warga yang mendapatkan bantuan, UMKM-nya juga diberdayakan dengan cara yang sangat efektif," katanya. Handayani.

Lebih lanjut Handayani menyebut BRI menyisihkan uang sebesar Rp 10 ribu untuk setiap pembukaan rekening Tabungan BRI BritAma Digital Saving tanpa memotong saldo rekening nasabah. Selain dapat berdonasi, nasabah juga dapat berkesempatan mengikuti program undian BritAma FSTVL dengan hadiah Grand Prize Hyundai Kona EV.

Adapun nasabah dapat membuka rekening pada domain bukarekening.bri.co.id secara daring yang disediakan BRI. Melalui layanan ini, calon nasabah BRI juga tak perlu datang ke kantor bank untuk memiliki tabungan.

"Nasabah hanya perlu mengakses laman bukarekening.bri.co.id, kemudian mengikuti seluruh proses pembukaan rekening dan langsung bisa memiliki Tabungan BRI BritAma dalam hitungan menit," tambahnya.

Sementara itu, Founder Narasi, Najwa Shihab mengatakan bahwa penggalangan donasi ini menjadi wujud semangat kolaborasi. Terlebih hal ini juga menjadi prinsip penting dalam perjalanan Narasi sebagai media.

Sebagai informasi, acara seremonial penyerahan donasi program tersebut digelar dan ditayangkan secara daring pada platform media sosial milik BRI dan Narasi. Selain penyerahan donasi, BRI juga menghadirkan sesi lain, seperti talkshow dan music performance.

(mul/ega)