JPO Instagrammable Bundaran Senayan Jadi Sasaran Aksi Vandal

Athika Rahma - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 18:56 WIB
JPO di kawasan Sudirman, Jakarta, jadi sasaran aksi vandalisme. Aksi tak terpuji ini merusak estetika JPO. Ini penampakannya.
JPO Instagrammable di Jl Sudirman jadi sasaran vandalisme. (Andhika Prasetia/Detikcom).
Jakarta -

Fasilitas publik lagi-lagi jadi korban vandalisme. Kini, giliran jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran Senayan, di dekat Ratu Plaza, Sudirman, yang jadi sasaran tangan jail pelaku.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (23/8/2021) pukul 17.15 WIB, JPO yang juga menjadi akses masuk halte TransJakarta Bundaran Senayan ini tampak tercoret oleh tinta hitam di bagian pagar JPO. Ada dua coretan dengan motif yang sama. Jika pengguna akan turun dari JPO coretan itu terletak di sebelah kanan.

Tidak begitu jelas gambar atau tulisan apa yang terlihat, tapi yang jelas, coretan ini mengganggu kerapian dan keindahan JPO. Padahal, JPO ini banyak didatangi karena desainnya yang artistik dan Instagrammable.

JPO Bundaran Senayan di Jl Sudirman jadi sasaran aksi vandal.JPO Bundaran Senayan di Jl Sudirman jadi sasaran aksi vandal. (Athika Rahma/detikcom)

"Risi sih sebenarnya, tapi untungnya kecil ini coretannya nggak begitu mengganggu secara keseluruhan," kata Winna (22), seorang pengguna JPO yang melintas.

Terlihat, para pengguna melintasi JPO ini. Ada pula yang mengabadikan momen di JPO setelah berolahraga di kawasan Sudirman-Thamrin.

Berbeda dengan JPO di Ratu Plaza, dua JPO Instagrammable lainnya, yaitu di Gelora Bung Karno (GBK) dan Polda Metro Jaya, tampak bersih dari tulisan, coretan, mural, dan sejenisnya.

JPO di GBK masih ramai pengguna hingga pukul 18.00 WIB ini. Kebanyakan dari mereka adalah para pekerja yang kantornya berada di sekitar Jl Sudirman.

JPO Gelora Bung Karno (GBK), Jl Sudirman, Jakarta.JPO Gelora Bung Karno (GBK), Jl Sudirman, Jakarta. (Athika Rahma/detikcom)

Serupa, JPO di Polda Metro Jaya juga dimanfaatkan bagi para pekerja kantoran yang hendak menuju halte TransJakarta. JPO ini memang juga menjadi akses ke halte TransJakarta Polda Metro Jaya, begitu juga JPO di GBK yang jadi akses ke halte TransJakarta GBK.

Ketika malam hari, lampu warna-warni bersinar dari ketiga JPO ini, membuatnya semakin menarik untuk dipandang ataupun dijadikan latar belakang foto.

Sementara itu, situasi lalu lintas di kawasan Sudirman-Thamrin ramai lancar hingga pukul 18.00 WIB. Tidak ada kemacetan berarti dan badan jalan didominasi oleh kendaraan roda dua dan empat.

JPO Polda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta.JPO Polda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta. (Athika Rahma/detikcom)

(aik/aik)