Serikat Pekerja Panasonic Gobel Vaksinasi 500 Keluarga Karyawan

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 14:46 WIB
Vaksinasi serikat pekerja panasonic gobel.
Foto: dok. Kemnaker
Jakarta -

Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel (FSPPG) K-Sarbumusi melaksanakan kegiatan vaksinasi di Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas FSPPG-K Sarbumusi, Cipayung, Jakarta Timur. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (21/8) lalu ini diperuntukkan bagi 500 orang keluarga pekerja.

Sekjen DPP K-Sarbumusi, Eko Darwanto mengatakan keberhasilan program vaksinasi ini ditentukan bukan hanya dari pekerjanya, tapi pekerja yang ada di rumah harus juga diperhatikan kesehatannya dari COVID-19.

"Vaksinasi ini menitikberatkan kepada keluarga pekerja, sehingga Herd Immunity-nya bisa kita bangun melalui dua sisi yaitu pabrik dan rumah tangga," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Eko juga mendorong pemerintah untuk memberikan penegasan kepada serikat pekerja agar melakukan vaksinasi melalui Kemnaker sebagai central pointnya.

"Saya rasa target dari pemerintah untuk menjalankan industri yang bebas dari COVID-19 insyaallah bisa tercapai," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial Dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI-Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro Putri, mengapresiasi Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel (FSPPG) K- Sarbumusi yang menggelar vaksinasi COVID-19 bagi para keluarga pekerja serta masyarakat sekitar.

"Hari ini (Sabtu) saya menyaksikan secara langsung proses vaksinasi yang diinisiasi oleh FSPPG K-Sarbumusi dengan memprioritaskan keluarga pekerja Panasonic Gobel," kata Putri.

Menurut Putri, pihaknya akan terus mendorong Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) perusahaan untuk dapat mengupayakan vaksinasi bagi para pekerja dan keluarganya. Sebagaimana arahan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dalam rangka mendukung program vaksinasi nasional.

"Selain lewat perusahaan, vaksinasi bagi pekerja atau serikat pekerja dapat dilakukan melalui perusahaan yang bekerja sama dengan Kadin," ujarnya.

Putri menjelaskan upaya mencapai herd immunity tidak hanya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah, namun perlu ada kerja sama dari pengusaha dan pekerja melalui Serikat Pekerja.

"Melalui program vaksinasi ini diharapkan akan dapat membangun herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat terhadap COVID-19," terangnya.

Putri juga mengingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik di lingkungan masyarakat maupun di tempat kerja.

(prf/ega)