Rahayu Saraswati: DKI Sentra Segala Kegiatan, Warganya Wajib Vaksin!

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Agu 2021 18:36 WIB
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Sara Djojohadikusumo)
Foto: Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Instagram)
Jakarta -

Tunas Indonesia Raya (Tidar) menggelar vaksinasi COVID-19 massal di DKI Jakarta selama beberapa hari lalu. Vaksinasi ini merupakan bentuk dukungan Tidar, selaku organisasi sayap Partai Gerindra, terhadap upaya pemerintah dalam mencapai kekebalan kelompok alias herd imunity.

"Untuk menghadapi pandemi kita perlu bergandengan tangan, bekerja sama melawan COVID-19," kata Ketua Bidang Pengembangan Peranan Perempuan Pengurus Pusat (PP) Tidar, Rahayu Saraswati dalam keterangannya, Minggu (22/8/2021).

Rahayu Saraswati mengatakan, acara vaksinasi ini bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Menurut dia, vaksinasi di DKI Jakarta perlu dipercepat. Karena, sebagai Ibu Kota DKI Jakarta memiliki mobilitas yang tinggi.

"DKI Jakarta sebagai ibu kota negara adalah sentra segala macam kegiatan, dari ekonomi sampai ke pemerintahan. Maka dari itu penting untuk warga Jakarta maupun dari daerah-daerah yang memang memiliki mobilitas tinggi ke Jakarta untuk mendapatkan vaksinasi, guna menekan angka penyebaran dan dampak negatif dari COVID-19," papar Saraswati.

Ketua Bidang Pengembangan Peranan Perempuan Pengurus Pusat (PP) Tidar, Rahayu Saraswati meninjau vaksinasi COVID-19 massal yang digelar Tidar DKI Jakarta, Jumat (20/8/2021).Rahayu Saraswati mengenakan masker warna hitam saat meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 Tidar DKI. (Dok. Istmewa)

Acara vaksinasi dilakukan pada 16, 18-20 Agustus 2021 di kantor Sekretariat Pengurus Daerah (PD) Tidar DKI, Menteng, Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria; Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan beberapa tokoh lainnya.

"Pemuda-pemudi Tidar siap menjadi bagian dari perjuangan ini. Dengan jumlah peserta yang melebihi target, semoga ini menjadi awal baik kolaborasi dan bukti keikutsertaan anak muda Indonesia berkontribusi dalam perlawanan terhadap pandemi COVID -19," tutur Saraswati.

Diberitakan sebelumnya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Corona massal yang diinisiasi oleh Tidar DKI pada Jumat (20/8). Muzani berpesan perihal perlunya kebersamaan menangani COVID-19.

"Saya mengapresiasi anak-anak muda di Tidar yang turut membantu pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya kita bersama-sama pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19," kata Muzani di lokasi.

Menurut Muzani, perhatian ekstra terhadap upaya penanganan pandemi COVID-19 bukan hanya menjadi tugas pemerintah, melainkan seluruh komponen masyarakat. Apalagi Jakarta merupakan etalase bangsa Indonesia di dunia, sehingga upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Jakarta ini adalah halaman depan Indonesia sehingga masyarakat Jakarta harus kuat, sehat dan Jakarta mobilitasnya sangat tinggi. Kemarin Jakarta juga menjadi satu episentrum dari pandemi ini dan sekarang sudah mulai terkendali karena partisipasi dari semua pihak. Itu berkat upaya pemerintah dan masyarakat dan semua komponen yang ada di Jakarta," papar Wakil Ketua MPR itu.

"Yang dilakukan oleh Tidar ini adalah bagian dari partisipasi masyarakat. Dan ini bagian yang kita dorong untuk terus dilakukan agar semua kekuatan yang ada di masyarakat ikut bersama-sama pemerintah menangani persoalan ini. Meskipun berat, kalau kita lakukan bareng-bareng, semua pasti akan terasa lebih ringan dari beban yang berat itu," imbuh Muzani.

(zak/gbr)