Round-Up

'Pengkhianat' di Lengan Ryan Jombang Diduga Habib Bahar yang Sayat

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 07:00 WIB
Penampakan sayatan pengkhianat di lengan Ryan Jombang (dok.istimewa)
Penampakan sayatan 'pengkhianat' di lengan Ryan Jombang. Foto diedit blur dan hitam putih oleh Redaksi. (Foto:dok.istimewa)
Jakarta -

Terpidana mati kasus mutilasi, Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang mendapatkan penganiayaan di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Ryan Jombang diduga dianiaya oleh sesama penghuni Lapas, Bahar bin Smith.

Belakangan terungkap, Ryan Jombang tidak hanya dipukuli. Dia juga mendapatkan penganiayaan sadis, diduga oleh Habib Bahar.

Lengan kanan Ryan terluka akibat disayat-sayat senjata tajam diduga pisau. Sayatan itu mematri tulisan 'pengkhianat' pada lengannya.

Hal ini diungkap oleh pengacara Ryan Jombang, Kasman Sangaji. Kasman juga mengungkap Ryan mendapat dua kali penganiayaan di Lapas Gunung Sindur.

Dari foto yang diperoleh detikcom, tampak jelas luka sayatan pada lengan Ryan Jombang ini. Redaksi melakukan pengeditan blur pada foto tersebut karena mengandung unsur kesadisan.

detikcom mengonfirmasi kebenaran foto tersebut kepada Kasman Sangaji dan ia membenarkan adanya foto tersebut.

"Iya betul itu," kata Kasman saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (20/8/2021).

Awal Mula Terjadi Penyayatan


Sebelumnya, Kasman mengungkapkan penganiayaan sadis yang diduga dilakukan Habib Bahar ini terjadi pada Minggu (15/8) lalu.

"Dia (Habib Bahar) panggil Ryan, dia coret, dia tulis di tangannya pakai pisau 'pengkhianat' oleh Habib Bahar, pakai pisau tulisan 'pengkhianat', disayat-sayat," kata Kasman saat dihubungi detikcom, Kamis (19/8).

Penganiayaan itu dipicu masalah uang. Versi pengacara, Bahar berutang Rp 10 juta kepada Habib Bahar.

Namun ada juga versi lain menyebutkan Ryan dituduh mencuri uang milik Habib Bahar. Terkait ini, Kasman memberikan penjelasan bahwa kliennya memang mengambil uang dari sel Bahar, lalu membuangnya ke tempat sampah.

"Pada saat dia main ke blok Habib Bahar, dia lihat ada uang di atas mejanya. Dia langsung ambil aja, kemudian dia buang kesal kan, kok bilang nggak ada uang tapi ada uang. Ryan ambil, lalu dibuang ke tempat sampah karena kesal, dicari di tempat sampah nggak ada," tuturnya.

Menurut Kasman saat itu Ryan akhirnya mengembalikan uang itu ke Habib Bahar.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya



Simak Video "Adu Opini Kubu Habib Bahar Vs Ryan Jombang soal Pemukulan"
[Gambas:Video 20detik]