Kasus ABG Balikpapan Mesum Terekam di Zoom, Penyebar Video Jadi Tersangka

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 16:53 WIB
BERLIN, GERMANY - SEPTEMBER 19:  A shopper ltries out the new Apple iPhone 6 at the Apple Store on the first day of sales of the new phone in Germany on September 19, 2014 in Berlin, Germany. Hundreds of people had waited in a line that went around the block through the night in order to be among the first people to buy the new smartphone, which comes in two versions: the Apple iPhone 6 and the somewhat larger Apple iPhone 6 Plus.  (Photo by Sean Gallup/Getty Images)
Ilustrasi media sosial (dok. Getty Images)
Balikpapan -

Polisi mengusut kasus video viral sejoli ABG di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), terekam mesum di aplikasi Zoom. Seorang siswi SMA yang menyebarkan video mesum tersebut ditetapkan sebagai tersangka.

"Pelaku penyebaran video masih di bawah umur," kata Kapolresta Balikpapan Kombes V Thirdy Hadmiarso kepada detikcom, Jumat (20/8/2021).

Thirdy mengatakan pihaknya mengupayakan langkah diversi dalam penanganan kasus ini. "Kita kedepankan diversi pelaku masih di bawah umur," sambung dia.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro menjelaskan video mesum yang tersebar memang diperankan oleh siswa dan siswi salah satu SMA di Balikpapan Selatan. Kedua ABG yang mesum dan tersangka merupakan teman satu sekolah.

Identitas dua ABG dan penyebar video tidak diungkap karena masih berusia anak-anak.

Kasus bermula saat ABG pria meminta ABG wanita datang ke rumahnya. Mereka lalu berhubungan badan.

Saat itu ABG pria dikabari ada materi belajar yang harus dihadiri secara daring. ABG pria itu lalu masuk ke kelas daring dan tanpa sadar tidak mematikan kamera dan mikrofon ponselnya.

"Sehingga terekam masih dalam keadaan berhubungan badan," ucap Rengga.

Polres Balikpapan mengungkap kasus video mesum ABG yang viral di media sosialPolres Balikpapan mengungkap kasus video mesum ABG yang viral di media sosial (dok. Polres Balikpapan)

Tindakan mesum tersebut pun tayang di aplikasi Zoom yang dipakai sebagai kelas daring. Adegan itu direkam dan disebar siswi yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Video tersebut langsung menyebar ke media sosial dan viral," ujar Rengga.

Dalam kasus ini, ABG wanita berstatus korban, sementara ABG pria berstatus saksi. Rengga mengimbau agar masyarakat tak turut menyebarluaskan konten pornografi tersebut.

"Penting edukasi masyarakat untuk tidak menyebarkan video tersebut ke pihak lainnya," pungkas Rengga.

Sebelumnya dunia jagat maya dihebohkan oleh video muda-mudi beradegan mesum di ranjang. Video itu muncul di salah satu akun Zoom Meeting dan ditonton oleh partisipan yang bergabung.

Dalam video yang beredar yang diunggah di media sosial Twitter seperti dilihat Selasa (17/8), video tersebut memperlihatkan aktivitas normal sepasang muda-mudi sebelum beralih ke adegan mesum. Video yang beredar di media sosial ini hasil rekaman seseorang lewat gawainya.

Lihat juga video 'Muda-mudi Mesum di Masjid hingga Curi Kotak Amal Terekam CCTV':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/jbr)