detikcom Do Your Magic

Pemkot Depok Akan Pindahkan Tiang di Tengah Jl Erha: Akhir Bulan Selesai

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 19:45 WIB
Tiang berada di tengah Jl Erha Depok, Jawa Barat. Tiang-tiang itu disebut membahayakan pengendara yang lewat.
Tiang-tiang di tengah Jl Erha, Depok, dekat Tol Brigif (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Depok -

Pemerintah Kota Depok buka suara terkait masalah tiang-tiang yang dikeluhkan warga lantaran posisi tiang itu berada di tengah Jl Erha, Cinere. Pihaknya akan memindahkan tiang-tiang itu dari badan jalan.

"Mengenai tiang-tiang, tadi informasi dari Kepala Bidang kami bahwa sedang 'on progress' untuk pemindahan tiang," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Dadan Rustandi kepada detikcom Do Your Magic, Kamis (19/8/2021).

Dadan menargetkan pemindahan tiang bakal selesai akhir bulan ini. Dia pun sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti PLN dan pengelola Tol Desari (Depok-Antasari), atau sering pula disebut sebagai Tol Brigif.

"Insyaallah mudah-mudahan ya. Di mana di akhir bulan ini sudah selesai dipindahkan tiang-tiangnya," kata Dadan.

Saat ini, sambung Dadan, pengelola Tol Desari dan PLN sudah menyepakati MoU (nota kesepahaman) untuk memindahkan tiang tersebut. Dengan begitu, pemindahan tiang diyakini bisa selesai akhir bulan ini.

"Jadi MoU-nya sudah ada. Jadi ya itu tadi, mudah-mudahan di akhir bulan ini bisa diselesaikan oleh semua pihak," ujarnya.

Tiang di Tengah Jl Erha Cinere DepokTiang di Tengah Jl Erha Cinere Depok (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Sebagaimana diketahui, sepanjang Jl Erha dipenuhi tiang-tiang listrik yang memakan badan jalan. Warga meminta agar tiang-tiang ini dipindah dari badan jalan. Dari keterangan warga, sudah banyak pengendara sepeda motor yang menabrak tiang.

Pengendara tidak melihat adanya tiang tunggal. Karena kondisinya pun malam, penerangan di sekitar jalan juga terbilang minim.

"Kalau ditanya ganggu apa nggak, ya jelas ganggu ya. Karena kan posisi jalan udah kecil, terus tiang juga banyak dan makan jalanan gitu. Kita juga kalau berkendara mau lewat pasti susah dan ya harus hati-hati. Nggak bisa gitu meleng sebentar. Ya semoga ini bisa cepat teratasi ya," ujar salah satu warga, Sayuti (48), saat detikcom temui di lokasi.

Sementara itu, pengendara sepeda motor, Septi (27), menyebutkan dirinya pernah hampir menabrak tiang listrik. Pria asal Depok itu mengeluhkan posisi tiang listrik menghalangi jalan sekitar. Terlebih, di malam hari, pengendara perlu ekstrahati-hati lantaran penerangan di lokasi juga minim.

"Saya pernah hampir nabrak tiang ini. Waktu itu posisinya saya dari sana (perempatan), mau belok ke kanan. Terus dari arah berlawanan ada kendaraan juga yang lewat. Itu saya posisinya sedikit ke tengah, makanya langsung minggir. Pas minggir, tiang persis ada di sebelah kiri saya. Untungnya saya langsung ngerem dan nahan motor pakai kaki," ujar Septi.

(dnu/dnu)