Sidang Suap Nurdin Abdullah

Eks Anak Buah Ungkap Siasat Nurdin Abdullah Atur Proyek

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 14:24 WIB
Nurdin Abdullah menghadiri sidang secara virtual. (Hermawan/detikcom)
Nurdin Abdullah menghadiri sidang secara virtual. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) nonaktif Nurdin Abdullah diungkap telah menitipkan 2 paket proyek agar perusahaan milik kontraktor Agung Sucipto alias Anggu dimenangkan dalam proses lelang. Titipan Nurdin Abdullah itu disampaikan ke Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Sulsel, Sari Pudjiastuti, kemudian diteruskan ke anggota Pokja 2 dan Pokja 7 selaku panitia lelang proyek.

Hal ini terungkap saat anggota Pokja 2 dan Pokja 7 yang berjumlah 8 orang jadi saksi dalam sidang kasus suap Nurdin Abdullah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar, Kamis (19/8/2021). Para saksi adalah anggota Pokja 2 yang bernama Andi Salmiati, Syamsuriadi, Abdul Muin, dan Munandar Naim.

Sementara anggota Pokja 7 dihadiri oleh Yusril Mallombassang, Ansar, Herman Parudani, dan Nizar. Jaksa KPK M Asri Irwan pada awalnya mencecar saksi Andi Salmiati terkait adanya pertemuan dengan Sari Pudjiastuti di ruangannya.

"Sari Pudjiastuti kenal?" tanya jaksa Asri Irwan di persidangan.

Andi Salmiati kemudian mengaku kenal baik dengan Sari Pudjiastuti karena merupakan atasannya di Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Sulsel. Andi lantas bercerita saat dirinya dan anggota Pokja 2 lainnya yang berjumlah 5 orang dipanggil oleh Sari ke ruangannya.

Di ruangan Sari, Andi Salmiati dan anggota Pokja 2 lainnya disebut menerima arahan soal proyek ruas jalan Palampang Munte di Kabupaten Sinjai yang menggunakan dana alokasi khusus (DAK) 2020 dengan anggaran Rp 15 miliar.

"Jadi pernah dipanggil Ibu Sari bahwa untuk paket Palampang Munte ada arahan," ungkap Andi Salmiati.

Terkait pernyataan saksi, jaksa Asri lantas meminta Andi Salmiati bercerita mengapa anggota Pokja 2 tiba-tiba dipanggil ke ruangan Sari Pudjiastuti. Andi Salmiati pun mengenang kembali pertemuan itu, yang mana dia awalnya membahas progres proyek yang ditangani oleh Pokja 2.

Setelah itu, sebut Andi, barulah Sari Pudjiastuti menyampaikan terkait adanya arahan memenangkan proyek Palampang Munte dari Nurdin Abdullah.

"(Sari Pudjiastuti mengatakan) paket ruas Palampang Munte ada arahan dari Bapak," ujar Andi Salmiati.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.